@mastersthesis{digilib37706, month = {August}, title = {ANALISIS RUMUSAN KOMPETENSI, MATERI, DAN EVALUASI PADA TEXTBOOK BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 KELAS XII MADRASAH ALIYAH TERBITAN KEMENTERIAN AGAMA DAN TOHA PUTERA TAHUN 2016}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 1620410090 ISNU HIDAYAT}, year = {2019}, note = {Dr. H. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag}, keywords = {Textbook Bahasa Arab, Rumusan Kompetensi, Materi, Evaluasi, Kurikulum 2013.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37706/}, abstract = {Textbook Bahasa Arab merupakan sumber primer peserta didik dalam mempelajari bahasa Arab pada jenjang Madrasah. Semenjak diberlakukannya Kurikulum 2013, Kementerian Agama sebagai instansi pemerintah yang memiliki kewenangan dalam mengambil kebijakan pendidikan Madrasah juga menerbitkan textbook bahasa Arab. Begitu pula Toha Putera sebagai salah satu penerbit besar ikut andil dalam menghasilkan textbook bahasa Arab yang berkualitas. Penerbitan kedua textbook bahasa Arab tersebut menjadi perlu dikaji mendalam mengingat kedua penerbit tersebut mewakili pemerintah dan juga swasta. Sehingga perlu dilakukan analisa atas kedua textbook tersebutdalam kesesuaiaanya dengan Kurikulum 2013 baik aspek rumusan kompetensi, materi, maupun evaluasi. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perbedaan dan persamaan rumusan kompetensi dalam textbook bahasa Arab kelas XII terbitan Kementerian Agama dan Toha Putera? Mana diantara kedua buku tersebut yang lebih memenuhi standar kurikulum 2013? 2) Bagaimana perbedaan dan persamaan muatan materi dalam textbook bahasa Arab kelas XII terbitan Kementerian Agama dan Toha Putera? Mana diantara kedua buku tersebut yang lebih memenuhi standar kurikulum 2013? 3) Bagaimana perbedaan dan persamaan evaluasi dalam textbook bahasa Arab kelas XII terbitan Kementerian Agama dan Toh aPutera? Mana diantara kedua buku tersebut yang lebih memenuhi standar kurikulum 2013? Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Adapun pengumpulan data dengan mennggunakan metode dokumentasi untuk mencari sumber pustaka terkait analisa dalam sebuah textbook bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Rumusan Kompetensi yang paling sesuai dengan Kurikulum 2013 terdapat pada textbook bahasa Arab terbitan Toha Putera 2) Materi yang paling sesuai dengan Kurikulum 2013 terdapat pada textbook bahasa Arab terbitan kementerian Agama 3) Evaluasi yang paling sesuai dengan Kurikulum 2013 adalah textbook ahasa Arab terbitan kemneterian Agama. Dengan demikian, diantara kedua textbook tersebut yang paling sesuai dengan Kurikulum 2013 adalah terbitan kementerian Agama karena unggul dalam aspek materi dan evaluasinya. Kata Kunci: Textbook Bahasa Arab, Rumusan Kompetensi, Materi, Evaluasi, Kurikulum 2013.} }