%A NIM. 15490052 Umi Habibah %O Dra. Wiji Hidayati, M. Ag %T MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MACANAN NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap permasalahan umum, yang mana sikap para siswa yang tidak mencerminkan siswa yang berpendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen program pengembangan melalui kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakater religius siswa kelas V SD Muhammadiyah Macanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berlatar belakang SD Muhammadiyah Macanan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan Budi Pekerti kelas V, Koordinator kurikulum, guru pengampu program Tahfidz, wali kelas dan lima siswa kelas V. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Serta teknik analisa data menggunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Manajemen program pengembangan kurikulum PAI dan Budi Pekerti terdiri dari: a) Perencanaan yang tersusun dalam visi, misi, dan tujuan program, serta macam-macam program yang terdiri dari program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang; b) Pengorganisasaian mengenai sumber daya manusia yang terlibat dalam penyusunan program, struktur kurikulum belajar, dan standar kompetensi kelulusan; c) Pelaksanaan berupa program pengembangan yang terdiri dari shalat dhuha, shalat dzuhur, shalat jum’at berjamaah, tadarus al-Qur’an, dan Tahfidz, serta Standar Isi yang terdiri dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar; d) Evaluasi berupa pencapaian dari perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan melalui standar kompetensi kelulusan pada dimensi sikap dan keterampilan. (2) Pembentukan karakter religius yang terdiri dari: a) cara guru memberikan pemahaman karakter religius; b) cara guru melaksanakan pembentukan karakter religius; c) metode pembiasaan dalam pembentukan karakter religius (3) Hasil manajemen program pengembangan kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter religius yang dilihat dari aspek aqidah, aspek ibadah, aspek ihsan, maupun aspek dampak keagamaan. %K Manajemen Program Pengembangan kurikulum PAI dan Budi Pekerti dan pembentukan karakter religius %D 2019 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib37744