%0 Thesis %9 Masters %A Novi Khoirunnisa Kurniawati, NIM : 16204010017 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2019 %F digilib:37751 %I UIN Sunan Kalijaga %K Kata Kunci : Integrasi, Pendidikan Berwawasan Lingkungan, Pendidikan Agama Islam %P 180 %T INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 2 YOGYAKARTA DALAM PEMBIASAAN PEDULI LINGKUNGAN HIDUP %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37751/ %X Latar belakang penelitian ini adalah persoalan lingkungan hidup yang terjadi pada saat ini harus dipecahkan melalui kerja sama berbagai bidang, termasuk pendidikan. Sebagai madrasah adiwiyata, MAN 2 Yogyakarta turut serta dalam pemecahan persoalan lingkungan yang salah satu indikatornya mengintegrasikan pembelajaran dengan pendidikan berwawasan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model integrasi pendidikan berwawasan lingkungan dengan pendidikan Agama Islam, mengetahui implementasinya, serta kontribusinya dalam pembiasaan peduli lingkungan di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan agar data yang didapatkan valid. Uji keabsahan data ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Model integrasi: 1) Model Integrasi Informatif pada pembelajaran Akidah Akhlak, Fikih dan SKI, 2) Model Integrasi Konfirmatif pada pembelajaran Alquran Hadis, 3) Model Korektif belum diterapkan dalam integrasi pembelajaran di MAN 2 Yogyakarta. Kedua, Implementasi integrasi pendidikan berwawasan lingkungan dengan pendidikan Islam di MAN 2 Yogyakarta ini dilakukan menggunakan prinsip KDB: 1) Menyusun hal yang perlu diketahui peserta didik (Know), 2) Melaksakan kegiatan pembelajaran (Do), 3) Menentukan Peserta didik akan menjadi apa (Be). Ketiga, Kontribusi integrasi pendidikan berwawasan lingkungan dengan pendidikan Islam terhadap pembiasaan peduli lingkungan di MAN 2 Yogyakarta: 1) Kontribusi keilmuan: mengembangkan dan memperkaya disiplin ilmu pendidikan berwawasan lingkungan; 2) Kontribusi praksis: warga madrasah terbiasa menerapkan sikap peduli lingkungan seperti memilah sampah, mengurangi sampah plastik, dan menggunakan kertas bekas layak pakai untuk ulangan harian. Kata Kunci : Integrasi, Pendidikan Berwawasan Lingkungan, Pendidikan Agama Islam. %Z Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.