TY - THES N1 - Muhammad Qowim, S.Ag., M.Ag, ID - digilib37757 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37757/ A1 - FACHRUNNISA MAULIDYA RAHMAWATI, NIM. 15490078 Y1 - 2019/08/08/ N2 - Latar belakang penelitian ini berawal dari peneliti melihat adanya sikap pendidik yang kurang disiplin dalam menjalankan tugas serta fungsinya, sehingga penelitian ini membahas bagaimana kedisiplinan yang ada di sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin pendidik dan tenaga kependidikan yang meliputi tingkat kedisiplinan yang ada serta upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitaitf yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala tata usaha, staf tata usaha bagian kesiswaan, guru sejarah, guru Bahasa Indonesia, dan guru geografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisa data dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data, mereduksi data sertan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat tujuh peran kepala sekolah yaitu sebagai (a) edukator (b) manajer (c) administrator (d) supervisor (e) leader (f) innovator, dan (g) motivator. (2) kedisiplinan yang ada di SMA Negeri 4 Yogyakarta baik dan masih terus berproses untuk menjadi yang lebih baik lagi. Hal ini ditunjukkan dengan (a) disiplin kehadiran yang persentasenya terus meningkat. (b) tanggung jawab atas pekerjaan juga sudah baik, yang ditunjukkan dengan guru memberikan tugas jika beliau berhalangan untuk hadir. (3) peran kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin adalah (a) memberikan contoh, hal tersebut merupakan hal yang dapat dikatakan paling mendasar dalam upayanya. Dengan memberikan contoh maka akan tercipta suasana yang kondusif saat pembelajaran. (b) kepala sekolah juga mampu mengatasi masalah-masalah yang terjadi di dalam sekolah melalui pengawasan dan pembinaan. (c) dengan bekerja sama serta berkomunikasi yang baik dengan semua komponen sekolah juga menunjukkan bahwa kepala sekolah dapat menjalankan perannya dalam meningkatkan disiplin PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran KW - Kepala Sekolah KW - Disiplin Kerja M1 - skripsi TI - PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PENDIDIK DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 151 ER -