<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV\r\nSLB NEGERI 2 BANTUL\r\nYOGYAKARTA"^^ . "Pendekatan komunikatif adalah pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang sangat efektif untuk mengembangkan kompetensi kebahasaan, serta keterampilan berbahasa seperti membaca, menulis, menyimak dan berbicara anak tunarungu. Fokus penelitian ini ada tiga, yakni Pertama untuk mengetahui alasan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran membaca anak tunarungu di kelas IV SLB Negeri 2 Bantul. Kedua untuk mengetahui implementasi pendekatan komunikatif perlu di gunakan dalam pembelajaran membaca anak tunarungu di kelas IV SLB Negeri 2 Bantul. Ketiga untuk mengetahui respon pesrta didik dalam pendekatan komuniatif pembelajaran membaca anak tunarungu di kelas IV SLB Negeri 2 Bantul.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) pada metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitiannya yaitu peserta didik kelas IV SLB Negeri 2 Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data kualitatif dengan cara mereduksi data, selanjutnya menyajikan data dan menyimpulkan.\r\nPada penelitian ini ada tiga teori yang di gunakan, yakni pada komunikatif menggunakan teori yang dikemukakan Noam Chomsky, sedangkan dalam membaca menggunakan teori yang dikemukakan Finochiaro dan Bonomo, dan untuk mendukung data teori perkembangan anak Jean Piaget.\r\nHasil penelitian yang dilakukan yakni: Pertama, pendekatan komunikatif mampu menggali potensi anak dalam kosakata anak tunarungu untuk berkomunikasi dan membaca. Kedua, pembelajaran komunikatif dalam\r\nix\r\npembelajaran membaca sangat efektif memberikan dampak positif bagi kemampuan berbahasa dan membaca anak tunarungu. Ketiga, siswa mampu bersuara dalam membaca meskipun dengan nada kurang jelas atau intonasi kata yang sedikit tidak sesuai dengan pengucapan seharusnya.\r\nKata kunci: Anak Tunarungu, Komunikatif, dan Membaca."^^ . "2019-09-21" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 17204080006"^^ . "Khairunnisa"^^ . "NIM: 17204080006 Khairunnisa"^^ . . . . . . "PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV\r\nSLB NEGERI 2 BANTUL\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "17204080006_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf"^^ . . . "PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV\r\nSLB NEGERI 2 BANTUL\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV\r\nSLB NEGERI 2 BANTUL\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV\r\nSLB NEGERI 2 BANTUL\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV\r\nSLB NEGERI 2 BANTUL\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV\r\nSLB NEGERI 2 BANTUL\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV\r\nSLB NEGERI 2 BANTUL\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV\r\nSLB NEGERI 2 BANTUL\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV\r\nSLB NEGERI 2 BANTUL\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV\r\nSLB NEGERI 2 BANTUL\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #37758 \n\nPENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV \nSLB NEGERI 2 BANTUL \nYOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Inklusif" . .