eprintid: 37758 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/77/58 datestamp: 2020-06-04 02:22:17 lastmod: 2020-06-04 02:22:25 status_changed: 2020-06-04 02:22:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khairunnisa, NIM: 17204080006 title: PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV SLB NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: in_klusif divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Anak Tunarungu, Komunikatif, dan Membaca. note: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag abstract: Pendekatan komunikatif adalah pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang sangat efektif untuk mengembangkan kompetensi kebahasaan, serta keterampilan berbahasa seperti membaca, menulis, menyimak dan berbicara anak tunarungu. Fokus penelitian ini ada tiga, yakni Pertama untuk mengetahui alasan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran membaca anak tunarungu di kelas IV SLB Negeri 2 Bantul. Kedua untuk mengetahui implementasi pendekatan komunikatif perlu di gunakan dalam pembelajaran membaca anak tunarungu di kelas IV SLB Negeri 2 Bantul. Ketiga untuk mengetahui respon pesrta didik dalam pendekatan komuniatif pembelajaran membaca anak tunarungu di kelas IV SLB Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) pada metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitiannya yaitu peserta didik kelas IV SLB Negeri 2 Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data kualitatif dengan cara mereduksi data, selanjutnya menyajikan data dan menyimpulkan. Pada penelitian ini ada tiga teori yang di gunakan, yakni pada komunikatif menggunakan teori yang dikemukakan Noam Chomsky, sedangkan dalam membaca menggunakan teori yang dikemukakan Finochiaro dan Bonomo, dan untuk mendukung data teori perkembangan anak Jean Piaget. Hasil penelitian yang dilakukan yakni: Pertama, pendekatan komunikatif mampu menggali potensi anak dalam kosakata anak tunarungu untuk berkomunikasi dan membaca. Kedua, pembelajaran komunikatif dalam ix pembelajaran membaca sangat efektif memberikan dampak positif bagi kemampuan berbahasa dan membaca anak tunarungu. Ketiga, siswa mampu bersuara dalam membaca meskipun dengan nada kurang jelas atau intonasi kata yang sedikit tidak sesuai dengan pengucapan seharusnya. Kata kunci: Anak Tunarungu, Komunikatif, dan Membaca. date: 2019-09-21 date_type: published pages: 203 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: masters thesis_name: other citation: Khairunnisa, NIM: 17204080006 (2019) PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV SLB NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37758/1/17204080006_BAB%20I_BAB%20V_Daftar%20Pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37758/2/17204080006_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV_Khairunnisa.pdf