TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag. ID - digilib3776 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3776/ A1 - ADE ABDURRAHMAN - NIM. 05410019, Y1 - 2010/02/18/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam suatu pembelajaran, sudah menjadi suatu keharusan, agar proses pembelajarannya berhasil dan sukses, mengunakan media pembelajaran dalam penyampaian pembelajarannya. Karena komponen ini merupakan hal yang menonjol, yang membedakan pembelajaran yang benar-benar direncanakan secara matang dengan yang asal-asalan. Untuk media pembelajaran yang ada TB-KB-TKIT Al-Khairaat tentunya sangat menarik untuk dikaji karena menggunakan untuk salah satu muatan pembelajarannya yaitu pembelajaran sirah atau sejarah Islam, di lembaganya. Yang menjadi permasalahan ialah seperti apa lagu-lagu Islami itu, serta bagaimana penggunaan lagu-lagu Islami sebagai media pembelajaran itu, juga apa kendala yang diketemukan dari penggunaan lagu-lagu tersebut. Jenis penelitian ini dalah penelitian lapangan (field research) tepatnya penelitian deskriptif dengan pendekatan yang digunakan ialah pendekatan paedagogis. Yang menjadi subjek dan objek yang diteliti dalam penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Staf Administrasi dan pengelolanya dan Guru. Metode mengumpul datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi; sedangkan metode analisis datanya ialah metode Triangulasi. Hasil penelitian ialah : Pembelajaran Sirah merupakan pembelajaran sejarah Islam yang di yang dicantumkan dalam kurikulum pembelajaran Bidang Pengembangan Kemampuan Pembiasaan Diri, yaitu wilayah Moral dan Nilai-nilai Agama atau yang terangkum menjadi pembelajaran Keimanan dan Ketaqwaan (IMTAQ) dengan kategori kegiatan rutin, di TKIT Al Khairaat Warungboto Yogyakarta. Dalam penggunaan lagu Islami tersebut sebagai media pembelajaran ialah menggunakan dua macam lagu yaitu lagu-lagu hasil gubahan dari karya orang dan lagu-lagu hasil dari kreatifitas guru di TKIT Al-Khairaat. Alasan penggunaan lagu Islami sebagai media pembelajaran sirah ialah bahwa lagu tersebut sesuai dengam karakteristik siswa/ peserta didik, cocok dengan strategi yang ada serta dapat bertahan lama dan ekonomis. Secara umum Metode yang digunakan dalam pembelajaran sirah ialah metode ceramah atau cerita, metode bermain peran, serta metode menyanyi. Dalam penerapan lagu-lagu Islami sebagai media pembelajaran sirah ialah dengan menggunakan Strategi Bermain dan Bercerita dan Strategi Tanggap Gembira PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - lagu Islami sebagai media pembelajaran sirah KW - TB-KB-TKIT Al-Khairaat M1 - skripsi TI - LAGU ISLAMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SIRAH DI TAMAN BATITA, KELOMPOK BERMAIN DAN TAMAN KANAKKANAK ISLAM TERPADU (TB-KB-TKIT) AL-KHAIRAAT WARUNGBOTO YOGYAKARTA AV - restricted ER -