%0 Thesis %9 Masters %A Enda Lovita Pandiangan, NIM: 17204080010 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2019 %F digilib:37762 %I UIN Sunan Kalijaga %K Kata Kunci: Keterampilan, Menulis Sains %P 155 %T ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS SAINS SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (MIS Al - Huda Karangnongko dan SD Budi Mulia Dua Pandeansari) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37762/ %X Pentingnya keterampilan menulis sains sebagai salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa menjadi dasar untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis keterampilan menulis sains siswa kelas V di MIS Al-Huda Karangnongko dan di SD Budi Mulia Dua Pandeansari baik ditinjau dari tahapan pelaksanaan menulis, aspek linguistik, serta aspek isi atau konten tulisan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian field research berbentuk deskriptif analisis kegiatan. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara secara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Kemudian data akan diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan yang dilakukan pada setiap tahapan menulis sains siswa kelas V SD/MI yaitu: Pada tahap pramenulis, siswa melakukan kegiatan bimbingan pramenulis, penyadaran menulis, dan melengkapi data. Sedangkan kegiatan membuat peta konsep dan membuat daftar pertanyaan belum terlaksana. Pada tahap penulisan, siswa sudah dapat menulis sesuai dengan struktur tulisan yang terdiri atas bagian awal dan isi sedangkan bagian akhir tulisan yang berisi kesimpulan masih belum maksimal. Pada tahap pascamenulis, kegiatan revisi dan pengeditan sudah terlaksana dan dilakukan oleh guru serta siswa sedangkan kegiatan publikasi masih belum maksimal. (2) Keterampilan menulis sains siswa kelas V SD/MI ditinjau dari aspek linguistik memiliki kekurangan pada: Penggunaan tanda baca dan huruf kapital, penggunaan konjungsi, kata depan, dan imbuhan yang kurang tepat, penggunaan kata baku dan tidak baku, belum dapat membedakan paragraf utama dan paragraf penjelas, menggunakan kata yang memiliki arti yang sama dalam satu kalimat, struktur kalimat yang tidak lengkap, percampuran bahasa lisan yang sering digunakan siswa ke dalam bahasa tulisan. (3) Keterampilan menulis sains siswa kelas V SD/MI ditinjau dari aspek isi/konten memiliki kekurangan pada: a) Lemahnya kemampuan siswa untuk menganalisis dan menginterpretasikan data dari hasil pengamatan ke dalam bentuk tabel, grafik, dan sebagainya. Siswa lebih terampil menyajikan data di lapangan dalam bentuk gambar sederhana, b) Siswa kelas V SD/MI masih kesulitan dalam mengkaitkan konsep dengan praktik yang dilakukan di lapangan, c) Istilah – istilah ilmiah yang masih minim sekali digunakan dalam tulisan siswa, d) Siswa kelas V SD/MI belum dapat merefleksikan dan menyampaikan pemikiran mereka dalam tulisannya. Kata Kunci: Keterampilan, Menulis Sains %Z Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.