@mastersthesis{digilib37763, month = {July}, title = {KOHESIVITAS KELOMPOK PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 2 PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM: 17204080013 Riza Agustina}, year = {2019}, note = {Dr. H. Abdul Munip, M.Ag.}, keywords = {Kata Kunci: Social cohesion, task cohesion, perceived cohesion dan emotional cohesion}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37763/}, abstract = {Kohesivitas kelompok mempunyai beberapa aspek yaitu, social cohesion, task cohesion, perceived cohesion, dan emotional cohesion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui social cohesion, task cohesion, perceived cohesion dan emotional cohesion peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Prambanan kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan menggunakan strategi embedded konkuren. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan menggunakan data kuantitatif yang akan didukung oleh data kualitatif. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik sample random sampling dengan jumlah responden 38 peserta didik (23 laki-laki dan 15 perempuan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala social cohesion yang disusun oleh penulis dengan koefision realibilitas 0,747 dan skala di adaptasi dari Development of a cohesion questionnaire for youth yang disusun oleh Eys, et al. Pengumpulan data task cohesion disusun oleh penulis dengan koefision realibilitas 0,714 dan skala di adaptasi dari penerapan development peer appraisal untuk meningkatkan kohesivitas kelompok tugas disusun oleh Ermy Herawaty. Pengumpulan data perceived disusun oleh penulis dengan koefision realibilitas 0,753 dan skala di adaptasi dari perceived cohesion in small group adapting and testing the perceived cohesion yang disusun oleh Wynne W Chin, dkk. Kemudian pengumpulan data emotional cohesion disusun oleh penulis dengan koefision realibilitas 0,707 dan skala di adaptasi dari pengaruh emotional komitmen organisasional dan organizational citizership disusun oleh triana fitriastuti. Hasil analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan kategorisasi tinggi, sedang, rendah yang menunjukkan bahwa social cohesion dengan kriteria 29-40 mempunyai persentase 84,2\% sebanyak 32 responden masuk dalam kategori sedang menuju tinggi , task cohesion dengan kriteria 39-49 mempunyai persentase 79\% sebanyak 30 responden masuk dalam kategori sedang menuju tinggi, perceived cohesion dengan kriteria 33-43 mempunyai persentase 79\% sebanyak 30 responden masuk dalam kategori sedang menuju tinggi, dan emotional cohesion dengan kriteria 24-32 mempunyai persentase 79\% sebanyak 30 responden masuk dalam kategori sedang menuju tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aspek kohesivitas kelompok yang paling tinggi persentase kelas IV SD Negeri 2 Prambanan adalah social cohesion. Kata Kunci: Social cohesion, task cohesion, perceived cohesion dan emotional cohesion} }