%A NIM: 17204080016 Arief Arafat Hankam %O Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd., %T KREATIVITAS KOGNITIF GURU DALAM PROSES BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN %X Berawal dari keingintahuan penulis terhadap bentuk kreativitas kognitif guru dalam proses berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Ma’arif Bego, hal ini merujuk pada kurikulum 2013 akan proses pembelajaran yang aktif, efektif, kreatif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kreativitas kognitif guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik, bentuk proses berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV MI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitiannya yaitu Kepala MI Ma’arif Bego, guru kelas IV B dan IV C, peserta didik kelas IV B dan IV C. Sedangkan objeknya yaitu kreativitas kognitif guru dalam proses berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan metode triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kreativitas kognitif guru terlihat dalam: kreativitas merencanakan dan mempersiapkan kegiatan belajar, kreativitas guru dalam menerapkan pendekatan saintifik kurikulum 2013 (mengamati,menanya,mencoba,mengasosiasi,mengkomunikasikan), kreativitas guru dalam penerapan model pembelajaran (pembelajaran inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek), kreativitas guru dalam menggunakan beragam metode pembelajaran, kreativitas guru dalam menggunakan keterampilan mengajar (memberikan penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan variasi, keterampilan menjelasakan, membuka dan menutup pelajaran, mengelola kelas, membimbing diskusi kelompok kecil) dan, kreativitas guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar. Sedangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik terlihat pada kemampuan bertanya, mengamati, mencoba, menalar, menyimpulkan serta kemampuan mengkomunikasikan yang pada prosesnya sejalan dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Kata kunci: kreativitas kognitif, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran tematik %K Kata kunci: kreativitas kognitif, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran tematik %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib37767