%A NIM: 17204080030 SYAFRIDAH %O Dr. Hj Sri Sumarni, M.Pd. %T PEMBELAJARAN IPS DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SD ADISUCIPTO I YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari penerapan pembelajaran IPS dari perspektif pendidikan multikultural dengan latar belakang penelitian yaitu sering terjadinya perselisihan antar anak didik yang berbeda agama yang akhirnya menimbulkan masalah yang serius. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil siswa dari perspektif pendidikan multikultural di SD Adisucipto 1 Yogyakarta, untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPS dari perspektif pendidikan multikultural di SD Adisucipto 1 Yogyakarta, dan untuk pendukung dan penghambat penerapan pendidikan multikultural di SD Adisucipto 1 Yogyakarta. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, guru kelas dan siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi tekhnik. Hasil akhir penelitian ini adalah 1) Pembelajaran IPS yang berkaitan dengan multikultural terdapat dua pembelajaran. Pertama, tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 2 manusia dan lingkungan pada pembelajaran 3. Kedua, tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 3 memelihara kesehatan organ pernapasan manusia pada pembelajaran 3. Pemberian contoh yang diberikan, pemahaman dan diskusi yang dilakukan tidak ada kecenderungan memihak pada satu budaya atau agama tertentu.2) Siswa masih kebingungan dan kewalahan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang diberikan oleh guru. 3) Guru memberikan kesetaraan yang adil kepada siswa. 4) Konflik antara siswa yang berbeda agama masih sering terjadi dikarenakan Metode dan model pengajaran yang diberikan guru kurang sesuai dengan latar belakang peserta didik yang berbedabeda. 5) Pemberdayaan budaya dilakukan sesui dengan agamanya masing seperti agama Islam setiap bulan ramadhan mengadakan pesantren kilat. Faktor pendukung pendidikan multikultural di SD Adisucipto I Yogyakarta adalah 1) Kurikulum sekolah. 2) Iklim sekolah. 3) Program dan kegiatan. Sedangkan penghambatnya adalah 1) Kurangnya media pembelajaran 2) Sebagian siswa kurang menerima dan menyesuaikan perbedaan. Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Pendidikan Multikultural %K Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Pendidikan Multikultural %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib37771