@phdthesis{digilib37824, month = {July}, title = {PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK PADA KELOMPOK A TK IT SALSABILA AL-MUTHI?IN BANTUL}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 15430013 Harisma Mujibah Abdillah}, year = {2019}, note = {Lailatu Rohmah, S.Pd.I., M.SI}, keywords = {Pengembangan Kreativitas, , Anak kelompok A1}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37824/}, abstract = {Latar belakang dari penelitian ini adalah idelanya pengembangan kreativitas dalam pembelajaran anak usia dini dapat melatih panak untuk berfikir kreatif, oleh karena itu perlunya pengasahan kreativitas pada anak sejak dini. Di TK IT Salsabila Al-Muti?in pengembangan kreativitas pada anak tidak hanya ada pada saat pemeblajaran saja melainkan dalam kegiatan ekstrapun diadakan pengembangan kreativitas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan kreativitas pada anak kelompok A. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengemabngan kreativitas anak. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskiptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan memberi makna pada data yang telah di kumpulkan dan kemudian ditarik kesimpulan. Selanjutnya untuk pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menujukan: 1) pengembangan kreativitas pada anak TK IT Salsabila Al -Muti?in memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan kreativitas anak memalui, proses, produk, pribadi, pendorong, pembiasaan, pendekatan dengan anak, pembelajaran sentra dan ekstra. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kreativitas anak, faktor pendukungnya yaitu: (a) kondisi lingkungan sekolah, (b) peran guru dan orang tua, (c) faktor internal dalam diri anak, (d) sarana dan prasana, sedangkan faktor pengahambat dari pengembangan itu sendiri yaitu: (a) peran keluarga, (b) emosional yang tidak stabil,} }