%0 Thesis
%9 Skripsi
%A EMI KUNIASARI, NIM. 15430030
%B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2019
%F digilib:37828
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Perilaku, Keagamaan, Anak Usia Dini
%P 130
%T PENGEMBANGAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK USIA DINI PADA  KELOMPOK B1 RA AVERROUS TRIRENGGO BANTUL
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37828/
%X Latar belakang penelitian ini berawal dari banyak perilaku negatif yang  terjadi pada zaman modern saat ini, dalam memperbaiki perilaku tersebut perlu di  ajarkan perilaku keagamaan sejak dini, agar menjadi pedoman perilaku saat  dewasa kelak. Anak usia dini merupakan masa keemasaan dan sedang menjalani  proses perkembangan yang sangat pesat dan tepat untuk memberikan pengetahuan  serta pengembangan perilaku, salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang  memiliki program unggulan PAI dalam upaya pengembangan perilaku keagamaan  tersebut adalah RA Averrous, oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini  adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan perilaku keagamaan  anak usia dini, aspek apa saja yang dikembangkan, serta untuk mengetahui faktor  pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengembangan perilaku  keagamaan anak usia dini pada kelompok B1 RA Averrous Trirenggo Bantul.  Penelitian dalam penulisan skripsi ini merupakan penelitian kualitatif,  sedangkan untuk memperoleh data dalam penelitian ini melalui metode observasi,  dokumentasi, dan wawancara, kemudian untuk menganalisis data menggunakan  model interaktif miles dan huberman yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi,  selanjutnya untuk uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi.  Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pengembangan perilaku  keagamaan anak usia dini di RA Averrous melalui : PAI, keteladanan,  pembiasaan, kebudayaan dan umpan balik positif. 2) Aspek-aspek yang  dikembangkan yaitu: mempercayai Tuhan, syukur kepada Tuhan, menghargai diri  sendiri, orang lain dan lingkungan, serta 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun).  3) Faktor pendukung pengembangan perilaku keagamaan anak usia dini  Tersusunnya rencana pengembangan perilaku keagamaan melalui PAI, karakter  anak usia dini, fasilitas pihak sekolah, pendidik yang professional, kerjasama  dengan pelibatan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak  singkron pembelajaran antara di rumah dan di sekolah, kurang adanya perhatian  dari orang tua dan lingkungan akan pentingnya perilaku keagamaan serta  kekurangan tenaga kependidikan.
%Z Dr. Ichsan, M. Pd