TY  - THES
N1  - Dr. Ichsan, M. Pd
ID  - digilib37828
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37828/
A1  - EMI KUNIASARI, NIM. 15430030
Y1  - 2019/08/05/
N2  - Latar belakang penelitian ini berawal dari banyak perilaku negatif yang
terjadi pada zaman modern saat ini, dalam memperbaiki perilaku tersebut perlu di
ajarkan perilaku keagamaan sejak dini, agar menjadi pedoman perilaku saat
dewasa kelak. Anak usia dini merupakan masa keemasaan dan sedang menjalani
proses perkembangan yang sangat pesat dan tepat untuk memberikan pengetahuan
serta pengembangan perilaku, salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang
memiliki program unggulan PAI dalam upaya pengembangan perilaku keagamaan
tersebut adalah RA Averrous, oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan perilaku keagamaan
anak usia dini, aspek apa saja yang dikembangkan, serta untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengembangan perilaku
keagamaan anak usia dini pada kelompok B1 RA Averrous Trirenggo Bantul.
Penelitian dalam penulisan skripsi ini merupakan penelitian kualitatif,
sedangkan untuk memperoleh data dalam penelitian ini melalui metode observasi,
dokumentasi, dan wawancara, kemudian untuk menganalisis data menggunakan
model interaktif miles dan huberman yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi,
selanjutnya untuk uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pengembangan perilaku
keagamaan anak usia dini di RA Averrous melalui : PAI, keteladanan,
pembiasaan, kebudayaan dan umpan balik positif. 2) Aspek-aspek yang
dikembangkan yaitu: mempercayai Tuhan, syukur kepada Tuhan, menghargai diri
sendiri, orang lain dan lingkungan, serta 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun).
3) Faktor pendukung pengembangan perilaku keagamaan anak usia dini
Tersusunnya rencana pengembangan perilaku keagamaan melalui PAI, karakter
anak usia dini, fasilitas pihak sekolah, pendidik yang professional, kerjasama
dengan pelibatan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak
singkron pembelajaran antara di rumah dan di sekolah, kurang adanya perhatian
dari orang tua dan lingkungan akan pentingnya perilaku keagamaan serta
kekurangan tenaga kependidikan.
PB  - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Perilaku
KW  -  Keagamaan
KW  -  Anak Usia Dini
M1  - skripsi
TI  - PENGEMBANGAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK USIA DINI PADA
KELOMPOK B1 RA AVERROUS TRIRENGGO BANTUL
AV  - restricted
EP  - 130
ER  -