TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si, ID - digilib3783 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3783/ A1 - AMIR MA'RUF - NIM. 04410785, Y1 - 2010/02/18/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan bahwa tempat belajar anak-anak difabel adalah Sekolah Luar Biasa (SLB), padahal banyak sekolah yang dapat dimasuki oleh siswa difabel sebagai tempat belajar, atau yang dikenal dengan pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi adalah pendidikan yang manampung dan mendidik siswa-siswinya tanpa melihat bentuk dan kemampuan fisik maupun psikis. Semua anak dapat mengikuti pendidikan di lembaga tersebut, tanpa diskriminasi, dan mendapat perlakuan sama. Sebagai contoh, salah satu madrasah yang melaksanakan program pendidikan inklusi adalah MAN Maguwoharjo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis yang disandarkan pada studi kasus, yakni di MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa MAN Maguwoharjo melaksanakan pendidikan inklusi sejak berdiri, yakni tahun 1967. Madrasah ini menerima dan mendidik siswa difabel sebagaimana layaknya siswa-siswi yang lain. Kurikulum yang digunakan menggunakan kurikulum Departemen Agama. dari pengalaman yang telah lalu, ternyata siswa difabel dapat mencerna pelajaran yang diberikan, dan mempunyai kemampuan emosi dan sosial yang bagus, dan meningkat secara signifikan. Hampir setiap tahun, siswa terbaik adalah siswa difabel. Ini menunjukkan bahwa dengan pendidikan inklusi, siswa difabel diuntungkan dengan lingkungan belajar yang luas, memunyai kesempatan berinteraksi sosial dengan siswa yang normal, dan siswa yang normal mampu belajar bahwa tidak semua orang memiliki kemamuan yang sama. Keunggulan pelaksanaan pendidikan inklusi di MAN Maguwoharjo adalah pengamalan memberlakukan pendidikan inklusi, mempunyai guru yang mempunyai pengetahuan inklusi yang bagus, dan dukungan dari berbagai pihak yang senantiasa mendukung terselenggaranya pendidikan inklusi. Hambatan yang ditemui antara lain: sekolah belum mempunyai ruang baca bagi siswa difabel, tidak ada relawan yang membantuk belajar siswa , belum mempunyai buku pelajaran braille dalam jumlah cukup, dan fasilitas pembelajaran yang belum memadai. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - pendidikan inklusi KW - pendidikan siswa difabel M1 - skripsi TI - MODEL PENDIDIKAN INKLUSI DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -