<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN"^^ . "Tafsir sufi sebagai salah satu genre dalam dunia penafsiran yang dikembangkan\r\noleh kaum sufi tampaknya beJum mendapat perhatian yang memadai. Kenyataan\r\nini dimungkinkan karena metode simboliknya yang masih sering mengundang\r\nkontroversi. Kontroversi muncul akibat pendekatan yang selama ini dipakai selalu\r\nmenghadapkan secara dikotomik antara suft na-?arldan h,yiri, belurn pada upaya\r\nuntuk memahami gagasan simboliknya dalam kaitannya dengan pertumbuhan dan\r\nperkembangan metode tersebut dalam lingkungan kaum suft itu sendiri. Atas Jatar\r\nbelakang inilah, penelitian ini dilakukan pada karya tafsir Gara7ib al-Qur'an wa\r\nRaga7ib ai-Furqan, karya NiZftm al-Din al-Naisaouri~ sebuah karya yang masih\r\njarang dijamah, padahal dimensi simboliknya cukup nyata mewamai kitab\r\ntersebut.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian literer yang sumber primemya adalah kitab\r\ntafsir Gara7ib ai-Qur'aiz 1-t-·a Raga7ib ai-Furqa1z, karya Ni~m ai-Din ai-Naisaouri~\r\nMengingat keterbatasan penulis menjangkau karyanya yang lain, penelitian ini\r\nhanya ditumpukan pada kitab tafsimya. Dengan metode pembacaan deskriptifinterpretatif terhadap sumber referensi, dipandu dengan perspektif simbolisme\r\nsufi dan masih dalam kerangka hermeneutik al-Qur'an ('ulum al-Qur'an),\r\npenelitian ini dijalankan.\r\nPenelitian ini berakhir pada sebuah kesimpulan bahwa al-Naisabur1lebih banyak\r\nmendasarkan penafsiran simboliknya pada tradisi sastra dan teosofi yang\r\nberkembang di lingkungan kaum sufi. Berbeda dengan para mufassir sufi\r\numumnya yang meletakkan dasar-dasar penafsiran simbolik pada rujukan hadis\r\nyang membedakan ayat-ayat al-Qur'an dalam empat kategori, Zf1hir, batjn, hadd\r\ndan matfa', al-Naisabur1 meletakkan kerangka hermeneutik simboliknya pada\r\nlandasan ontologis, bahwa dunia ini terbagi menjadi dua yaitu: dw1ia persepsi\r\n('alam al-.~yahaaah) dan dunia misteri ('alam al-gaib). Masing-masing saling\r\nmeJengkapi dan hubungan antara keduanya hams dibina secara harmoni. Dalam\r\ndataran teks, pembedaan iai menurookan pembedaan level teks antara yang lahir\r\n(.:phir)dan yang batin (baljn). Dengan demikian, yang lahir menjadi simbol atau\r\ntanda yang menunjukkan mak11a simboliknya. Pembedaan ini juga tidak\r\ndipandang secara oposisional, melainkan sebagai dua sisi yang saling melengkapi.\r\nDalam konstruk metode penafsirannya, pandangan tersebut menurunkan apa yang\r\ndisebutnya sebagai tafsir dan takwil. Tafsir mewakili penafsiran literal (taf'iir al-\r\n:phir) sedangkan takwil merepresentasikan penafsiran simbolik (la.f.~·ir i.syari).\r\nLewat penafsiran literal ai-Naisaouri-banyak menunjukkan kecendrungan corak\r\nrasionalnya dengan melakukan dua langkah anal isis, yaitu analisis redaksional (alhuh.u~· u!-laf.:jah) dan analisis isi kandungan teks (al-buh_u.~ a/-ma'naw~vah).\r\nSementara penafsiran simboliknya merupakan bagian langkah terakhir dari proses\r\npenafsirannya yang digunakan untuk mengintrodusir ajaran-ajaran tasawuf \r\nKarakterisik penafsiran simbolik al~NaisaourClebih lanjut tampak dalam prinsipprinsip simbohsmenya yang banyak dipengaruhi oleh wawasan kosmologi dan\r\nsastra sufi. Pengaruh wawasan kosmologi sufi misalnya terlihat dalam\r\npandangannya bahwa alam dunia luar atau jagad raya (makrokosmis) adalah\r\npencitraan dari alam dunia dalam dari diri manusia (mikrokosmis). Pandangan ini\r\nmengandaikan pengkaitan teks-teks yang berbicara tentang alatn raya dengan\r\nunsur-unsur latpifdalam diri manusia. Misalnya, langit dihubungkan dengan hati\r\n(sama7 al-qalb) dan bumi dihubungkan denganjiwa (arcJ.al-nafs).\r\nSedangkan pengaruh dari tradisi sastra sufi tampak dalam pandangan al-NaisaourC\r\nbahwa dunia bentuk (alam al-~rah) memiliki kesesuaian dalam dunia makna ( 'alam alma 'naJ dan dunia makna memiliki hakikat dalam dunia yang hak, yaitu gaib al-gaib.\r\nPrinsip inilah yang membawa penafsiran simboliknya selalu mengkaitkan\r\nfenomena makna lahiriyah teks dengan unsur-sunsur /atpif manusia dalam dunia\r\nmakna, dan selanjunya menghubungkan unsur-unsur latp{f tersebut dengan\r\nRealitas Yang Maha Hak dalam dunia misteri di atas misteri (gaib al-gaib).\r\nKenyataan tersebut sekaligus menempatkan al-Naisaouri-lebih sebagai seorang ahli takwil yang mampu mentransmusikan makna literal teks ke dalam makna simboliknya dengan menggali berbagai khazanah kaum sufi yang pemah hidup dalam sejarah, daripada sebagai seorang mufassir sufi yang semata-mata mendasarkan penafsiran simboliknya pada pengetahuan kasyf.\r\nKata Kunci: Tafsir Simbolik, Gara'ib Al-Qur'an wa Raga'ib Al-Furqan"^^ . "2006-09-07" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 00530034"^^ . "AHMAD JAENI"^^ . "NIM. 00530034 AHMAD JAENI"^^ . . . . . . "TAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN (Text)"^^ . . . . . "00530034__BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "TAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN (Text)"^^ . . . . . "TAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN (Other)"^^ . . . . . . "TAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #37841 \n\nTAFSIR SIMBOLIK AL-NAISABURI DALAM GARA'IB AL-QUR'AN WA RAGA'IB AL-FURQAN\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .