%A NIM. 15430051 Azka Mawalia %O Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I.,M.Pd %T UPAYA GURU MELATIH KEMANDIRIAN DALAM TOILET TRAINING BAGI ANAK USIA DINI SISWA KELOMPOK A1 DI RAUDHATUL ATHFAL ( RA ) GENIUS KIDS KRAPYAK WETAN %X Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap kemandirian dalam Toilet Training bagi anak usia dini kelompok A1 upaya guru menanamkan kemandirian dalam Toilet Training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Bagaimana upaya guru dalam menanamkan nilai nilai kemandirian anak usia dini dalam toilet training kelompok A1 RA Genius kids krapyak? (2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru menanamkan kemandirian dalam Toilet Training bagi anak usia dini kelompok A1 RA Genius Kids. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan: (1) upaya guru dalam menanamkan nilai nilai kemandirian anak usia dini dalam toilet training kelompok A1 RA Genius Kids krapyak itu melalui pembiasaan, memberikan contoh , menjalin komunikasi dengan orang tua wali,memberikan pengarahan, mengajarkan anak bertanggung jawab dan memberikan kasih sayang guru memegang penting dalam mengarahkan anak (2) faktor pendukung dan penghambat guru menanamkan kemandirian dalam Toilet Training bagi anak usia dini kelompok A1 RA Genius Kids yaitu faktor pendukungnya itu sendiri guru harus sabar dan tidak terbebani, Memahami bahwa menanamkan kemandirian dalam toilet training anak usia dini merupakan kewajiban seseorang guru RA, %K Kemandirian ,Toilet Training, RA Genius Kids Krapyak %D 2019 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib37852