eprintid: 3787 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/37/87 datestamp: 2012-08-31 08:58:50 lastmod: 2024-04-29 02:12:47 status_changed: 2012-05-04 16:45:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ASTUTI, NIM.: 07480015-E title: KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF KLANGON KALIBAWANG KULON PROGO ispublished: pub subjects: P subjects: pdk divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: kreativitas guru; pembelajaran matematika. note: Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, SS, MPd. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah sebagian peserta didik menganggap matematika itu sulit dan membosankan. Bagaimana kreativitas guru untuk mengatasi hal tersebut. Subyek penelitian ini adalah Kepala MI Ma'arif Klangon dan guru Matematika kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dengan langkah-langkah: mereduksi data, melaksanakan unitisasi dan menafsirkan data menjadi kesimpulan yang bermakna. Hasil penelitian: Kreativitas guru dalam pengembangan pembelajaran Matematika meliputi : (a). Kreativitas dalam langkah-langkah pembelajaran yaitu : pada tahap pendahuluan kreasi yang dilakukan absensi, appersepsi, pre test (teka-teki), penyampaian indikator pembelajaran, dan mengusahakan media yang sesuai materi yang mudah didapat di lingkungan sekitar. Pada tahap inti kreasi dilanjutkan pada saat menyajikan materi, menggunakan strategi. Strategi pembelajaran aktif, dan pendekatan konstektual, pada tahap penutup kreasi ditunjukkan dalam mengulang kembali materi dengan teka-teki kompetitif, pemberian Pekerjaan Rumah (PR). (b). Kreativitas dalam mengembangkan komponen pembelajaran Matematika meliputi : tujuan; Guru mengembangkan tujuan (indikator) pembelajaran Matematika nyata di lingkungan dengan mengaitkannya pada situasi nyata di lingkungan sehari-hari. Metode yaitu guru mengkombinasikan beberapa metode yang sesuai yaitu : ceramah, ekspositori, demontrasi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Media yaitu guru memanfaatkan media dengan mengutamakan unsur menarik dan praktis, serta mudah dipahami oleh siswa. Materi, yaitu guru mengembangkan materi saat itu dengan materi-materi sebelumnya. Evaluasi yaitu dengan cara tes dan non tes yang meliputi 3 aspek : Pemahaman konsep, penalaran dan penerapan konsep, serta aspek pemecahan masalah. date: 2010-02-18 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-18 14:07:57 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--astutinim0-3560-1-astuti0-o.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/72/digilib-uinsuka--astutinim0-3560-1-astuti0-o.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3976 ; nama file lama : ASTUTI 07480015-E KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI MA\'ARIF KLANGON KALIBAWANG KULON PROGO.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1217360 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ASTUTI, NIM.: 07480015-E (2010) KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF KLANGON KALIBAWANG KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3787/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3787/2/BAB%20II%2CIII.pdf