@phdthesis{digilib37876, month = {August}, title = {ADAB PENUNTUT ILMU TERHADAP GURU DALAM KITAB ADAB TALIB AL-?ILMI MANHAJ TARBAWIY LIL MA?AHID ALQUR?A NIYAH KARYA DR. ANIS AHMAD KURZUN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM : 15410027 LILITA EKA YOLANDHA PRASETYAWAN}, year = {2019}, note = {Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.}, keywords = {Adab Penuntut Ilmu terhadap Guru, A{\ensuremath{<}}da{\ensuremath{<}}b T\{a{\ensuremath{<}}lib Al-?Ilmi Manhaj Tarbawiy Lil Ma?a{\ensuremath{<}}hid Al-Qur?a{\ensuremath{<}}niyah, Relevansi, Pendidikan Agama Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37876/}, abstract = {Penelitian ini mengambil latar belakang dari kasus-kasus pelaporan guru oleh orang tua dan pembunuhan guru honorer yang sempat viral beberapa waktu lalu, peneliti berasumsi bahwa kasus tersebut terjadi dikarenakan kurangnya ilmu tentang adab penuntut ilmu terhadap guru. Dr. Anis Ahmad Kurzun sebagai salah satu ulama Jeddah yang menaruh perhatian terkait hal tersebut, menulis kitab yang berjudul A{\ensuremath{<}}da{\ensuremath{<}}b T\{a{\ensuremath{<}}lib Al- ?Ilmi Manhaj Tarbawiy Lil Ma?a{\ensuremath{<}}hid Al-Qur?a{\ensuremath{<}}niyah didalamnya membahas adab penuntut ilmu secara ringkas dan lengkap yang dapat menjadi salah satu pemecah masalah terkait adab penuntut ilmu terhadap guru dan kemudian direlevansikan dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan obyek penelitian Kitab A{\ensuremath{<}}da{\ensuremath{<}}b T\{a{\ensuremath{<}}lib Al-?Ilmi Manhaj Tarbawiy Lil Ma?a{\ensuremath{<}}hid Al-Qur?a{\ensuremath{<}}niyah dan didukung oleh terjemahan dari kitab tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan historis-faktual yang bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji pemikiran Dr. Anis Ahmad Kurzun tentang konsep adab penuntut ilmu kepada guru pada karya beliau dan hubungannya dengan Pendidikan Agama Islam agar dapat dibangun suatu kesimpulan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan pola pikir induktif, yaitu analisis dengan x mendahulukan fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam memiliki andil yang besar dalam membimbing peserta didik saat ini agar tidak terjerumus ke arah yang salah saat menggunakan teknologi. Beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh pendidikan agama Islam saat ini adalah terjadinya krisis moral-akhlak dan anggapan-anggapan buruk terhadap pengajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Hal tersebut dapat ditanggulangi dengan menanamkan sikap tawad\}u? (rendah hati), jujur dan amanah, sabar dalam menuntut ilmu, berlomba-lomba dalam menuntut ilmu dan penghormatan terhadap guru, yang terdapat dalam Kitab A{\ensuremath{<}}da{\ensuremath{<}}b T\{a{\ensuremath{<}}lib Al-?Ilmi Manhaj Tarbawiy Lil Ma?a{\ensuremath{<}}hid Al-Qur?a{\ensuremath{<}}niyah karya Dr. Anis Ahmad Kurzun dalam diri peserta didik saat ini. Banyak keadaan yang beliau diskripsikan dari wilayah beliau yang sesuai dengan keadaan di Indonesia saat ini, yang menyebabkan Kitab A{\ensuremath{<}}da{\ensuremath{<}}b T\{a{\ensuremath{<}}lib Al-?Ilmi Manhaj Tarbawiy Lil Ma?a{\ensuremath{<}}hid Al-Qur?a{\ensuremath{<}}niyah relevan dengan pendidikan agama Islam dan keadaan pendidikan di Indonesia saat ini. Kata Kunci: Adab Penuntut Ilmu terhadap Guru, A{\ensuremath{<}}da{\ensuremath{<}}b T\{a{\ensuremath{<}}lib Al-?Ilmi Manhaj Tarbawiy Lil Ma?a{\ensuremath{<}}hid Al-Qur?a{\ensuremath{<}}niyah, Relevansi, Pendidikan Agama Islam} }