%0 Thesis %9 Skripsi %A Mochammad Fahmi El Kamil, NIM: 15410053 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2019 %F digilib:37886 %I UIN Sunan Kalijaga %K Upaya Guru, Kasus Bullying, Perspektif Pendidikan Agama Islam. %P 222 %T UPAYA GURU MENANGANI KASUS BULLYING DI FILM SANGATSU NO LION DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37886/ %X Latar belakang penelitian ini adalah dewasa ini dunia pendidikan sedang dilanda masalah yang sangat memprihatinkan dari berbagai aspek. Salah satunya adalah kasus kekerasan yang dilakukan oleh siswa terhadap siswa lainnya. Fenomena tersebut dapat dikategorikan sebagai tindakan bullying. Bullying adalah penghambat besar bagi seorang siswa untuk mengaktualisasikan diri. Hal tersebut menjelaskan bahwa tindakan bullying dapat memberikan dampak yang buruk bagi diri siswa, sehingga perkembangan diri termasuk dalam hal interaksi sosial akan terhambat. Untuk itu permasalahan bullying begitu kompleks dan urgen (penting) untuk dikaji, terlebih dalam pencegahan dan penanganan kasus bullying. Oleh karena itu, untuk mencari tahu bagaimana upaya guru dalam menangani kasus bullying yang terjadi, perlu adanya penelitian tentang penanganan kasus bullying. Sehingga bisa dijadikan sebagai rujukan atau referensi untuk mencegah dan menangani masalah seperti bullying. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotik. Subjek dalam penelitian ini adalah video dokumentasi film animasi Sangatsu No Lion. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model semiotik Ronald Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi Sangatsu No Lion di dalamnya terkandung beberapa upaya-upaya guru dalam menangani kasus bullying dengan penanganannya menggunakan metode-metode pengajaran dalam Pendidikan Agama Islam. Adapun metode-metode tersebut antara lain: (1) Metode Hiwar (tanya jawab), (2) Metode Teladan, (3) Metode Bimbingan, (4) Metode Diskusi, xi (5) Strategi Pembelajaran Langsung, dan (6) Strategi Pembelajaran Tidak Langsung. Metode-metode tersebut telah diterapkan dalam penanganan kasus bullying yang terjadi. Sehingga film animasi Sangatsu No Lion dapat dijadikan sebagai rujukan atau sumber referensi oleh pendidik ataupun guru khususnya, umumnya oleh semua pemerhati pendidikan dalam upaya untuk menangani sebuah masalah seperti kasus bullying . Kata Kunci : Upaya Guru, Kasus Bullying, Perspektif Pendidikan Agama Islam. %Z Drs. Nur Hamidi, MA.