%0 Thesis %9 Skripsi %A ATIKAH FATMAWATI, NIM. 15410057 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2019 %F digilib:37891 %I UIN Sunan Kalijaga %K Kecerdasan Emosional, Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak yang Efektif %P 187 %T HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG EFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37891/ %X Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya beberapa permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran, seperti siswa kurang percaya diri ketika presentasi padahal anak tersebut pandai, beberapa siswa pandai enggan untuk berbagi ilmu dengan teman lainnya, adapula anak yang merasa senang jika temannya dihukum oleh guru, dan terdapat siswa yang intelegensinya tinggi namun tidak mampu bersosial. Peristiwa ini adalah indikasi dari sikap atau perilaku yang dikendalikan oleh dorongan atau kebutuhan yang berhubungan dengan emosional siswa. Dengan adanya proses pembelajaran aqidah akhlak yang efekif ini diharapkan mampu meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tetang hubungan antara proses pembelajaran aqidah akhlak yang efektif dengan kecerdasan emoisonal siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: seberapa tinggi kecerdasan emosional dan seberapa efektif pembelajaran aqidah akhlak serta adakah hubungan antara proses pembelajaran aqidah akhlak yang efektif dengan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Trucuk Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara proses pembelajaran aqidah akhlak yang efektif dengan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Trucuk Klaten. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif,yang dilakukan di MTs Muhammadiyah Trucuk Klaten dengan sampel sebanyak 80 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas, reliabilitas, normalitas dan linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kecerdasan emosional siswa termasuk dalam kategori “rendah” karena terletak pada interval 70 - 83 dengan presentase 36,3%. 2) Proses pembelajaran aqidah akhlak yang efektif termasuk dalam kategori “cukup efektif” karena terletak pada interval 145 – 167 dengan presentasi 32,5%. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara proses pembelajaran aqidah akhlak yang efektif dengan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Trucuk Klaten dengan hasil koefisisen korelasi rxy sebesar 0,487 yang termasuk dalam kategori “sedang” dan tingkat signifikansi dengan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak yang Efektif. %Z Drs. Nur Munajat, M.Si.