<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG\r\nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII\r\nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN"^^ . "Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya beberapa permasalahan\r\nyang terjadi dalam pembelajaran, seperti siswa kurang percaya diri ketika presentasi\r\npadahal anak tersebut pandai, beberapa siswa pandai enggan untuk berbagi ilmu\r\ndengan teman lainnya, adapula anak yang merasa senang jika temannya dihukum\r\noleh guru, dan terdapat siswa yang intelegensinya tinggi namun tidak mampu\r\nbersosial. Peristiwa ini adalah indikasi dari sikap atau perilaku yang dikendalikan\r\noleh dorongan atau kebutuhan yang berhubungan dengan emosional siswa. Dengan\r\nadanya proses pembelajaran aqidah akhlak yang efekif ini diharapkan mampu\r\nmeningkatkan kecerdasan emosional siswa. Oleh karena itu perlu diadakan\r\npenelitian tetang hubungan antara proses pembelajaran aqidah akhlak yang efektif\r\ndengan kecerdasan emoisonal siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah:\r\nseberapa tinggi kecerdasan emosional dan seberapa efektif pembelajaran aqidah\r\nakhlak serta adakah hubungan antara proses pembelajaran aqidah akhlak yang\r\nefektif dengan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah\r\nTrucuk Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan\r\nantara proses pembelajaran aqidah akhlak yang efektif dengan kecerdasan\r\nemosional siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Trucuk Klaten.\r\nPenelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif,yang dilakukan di MTs\r\nMuhammadiyah Trucuk Klaten dengan sampel sebanyak 80 siswa. Pengambilan\r\nsampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan\r\ndengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.\r\nAnalisis instrumen meliputi analisis validitas, reliabilitas, normalitas dan linearitas.\r\nTeknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan korelasi Product\r\nMoment.\r\nHasil penelitian ini adalah: 1) Kecerdasan emosional siswa termasuk dalam\r\nkategori “rendah” karena terletak pada interval 70 - 83 dengan presentase 36,3%.\r\n2) Proses pembelajaran aqidah akhlak yang efektif termasuk dalam kategori “cukup\r\nefektif” karena terletak pada interval 145 – 167 dengan presentasi 32,5%. 3)\r\nTerdapat hubungan yang positif dan signifikan antara proses pembelajaran aqidah\r\nakhlak yang efektif dengan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs\r\nMuhammadiyah Trucuk Klaten dengan hasil koefisisen korelasi rxy sebesar 0,487\r\nyang termasuk dalam kategori “sedang” dan tingkat signifikansi dengan p sebesar\r\n0,000 (p < 0,05).\r\nKata Kunci : Kecerdasan Emosional, Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak yang\r\nEfektif."^^ . "2019-07-30" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 15410057"^^ . "ATIKAH FATMAWATI"^^ . "NIM. 15410057 ATIKAH FATMAWATI"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG\r\nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII\r\nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN (Text)"^^ . . . . . "15410057_BAB I_ IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG\r\nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII\r\nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN (Text)"^^ . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG\r\nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII\r\nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG\r\nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII\r\nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG\r\nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII\r\nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG\r\nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII\r\nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG\r\nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII\r\nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG\r\nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII\r\nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG\r\nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII\r\nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG\r\nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII\r\nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #37891 \n\nHUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG \nEFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII \nDI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . . . "Akhlak - Etika" . .