<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "SPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN\r\nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID\r\nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP\r\nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM"^^ . "Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya truth\r\nclaim, radikalisme, dan fundamentalisme agama, serta\r\nwacana formalisasi syari’at negara khilafah al islāmiyah\r\nyang mengancam stabilitas negara Indonesia. Salah satu\r\npenyebabnya dilatarbelakangi oleh pembelajaran PAI\r\nyang masih bersifat doktriner, eksklusif dan normatif.\r\nOleh sebab itu, perlu alternatif solusi melalui\r\nPembelajaran Pendidikan Agama Islam yang\r\nmultikultural, inklusif dan pluralis dengan berbasis pada\r\nspirit keislaman dengan membumikan Islam rahmatan lil\r\n„ālamīn dan spirit keindonesiaan yang menghargai\r\nkeragaman (pluralitas) dengan berpijak pada pemikiran\r\nNurcholish Madjid.\r\nPendekatan dalam penelitian ini menggunakan\r\npendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian kepustakaan\r\n(library research). Pengumpulan data menggunakan\r\nmetode dokumentasi dengan menganalisis data yang\r\ndibutuhkan, berupa sumber-sumber data dari berbagai\r\nliteratur yang memiliki relevansi dengan tema penelitian.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)\r\nMunculnya pemikiran spirit keislaman dan keindonesiaan\r\nNurcholish Madjid dilatarbelakangi oleh konteks\r\nIndonesia pada era 1970-an, (2) Pola pemikiran\r\nNurcholish Madjid terdiri atas tauhid dan keimanan,\r\nkemanusiaan, dan kemodernan. Ketiga pemikiran itulah\r\nyang menjadi dasar terwujudnya konsep keislaman dan\r\nkeindonesiaan. (3) Spirit keislaman perspektif Nurcholish\r\nMadjid yakni al hanāfiyatu al sa-samhāh yang\r\ndiimplementasikan berupa tindakan kongkrit untuk\r\nkebaikan dan kemaslahatan umat, sehingga melahirkan\r\ntatanan kehidupan yang aman, nyaman, dan damai dengan\r\nmenjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan.\r\nviii\r\nSedangkan spirit keindonesiaan ialah sikap yang\r\ndidasarkan atas kesadaran pluralitas masyarakat Indonesia\r\ndengan menyadari pentingnya persatuan dalam\r\nkebinekaan dengan menjadikan pancasila sebagai common\r\nplatform (titik temu) terhadap kemajemukan yang ada di\r\nIndonesia. (4) Implikasi spirit keislaman dan\r\nkeindonesiaan Nurcholish Madjid ialah terwujudnya\r\npembelajaran PAI yang adil, demokratis, inklusif, dan\r\negaliter. (5) Kontribusi spirit keislaman dan keindonesiaan\r\nNurcholish Madjid terhadap pengembangan Pendidikan\r\nAgama Islam ialah, (a) terwujudnya sistem Pendidikan\r\nAgama Islam yang multikultural, (b) Kurikulum PAI\r\nberbasis keislaman dan keindonesiaan, (c) Demokratisasi\r\ndalam pembelajaran PAI, (d) Idea of progress dan\r\ninklusivisme dalam pembelajaran PAI, (e) Prinsip\r\npembelajaran PAI berbasis keislaman dan keindonesiaan,\r\ndan (f) Pembelajaran PAI berbasis kebudayaan lokal.\r\nKata Kunci: Keislaman, Keindonesiaan, Nurcholish\r\nMadjid, Pengembangan PAI"^^ . "2019-09-17" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM : 15410067"^^ . "Siti Mukaromah"^^ . "NIM : 15410067 Siti Mukaromah"^^ . . . . . . "SPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN\r\nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID\r\nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP\r\nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . . . "HALAMAN DEPAN_BAB I_BAB V_15410067_Siti Mukaromah.pdf"^^ . . . "SPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN\r\nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID\r\nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP\r\nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . . . "SPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN\r\nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID\r\nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP\r\nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "SPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN\r\nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID\r\nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP\r\nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "SPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN\r\nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID\r\nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP\r\nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "SPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN\r\nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID\r\nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP\r\nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "SPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN\r\nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID\r\nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP\r\nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "SPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN\r\nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID\r\nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP\r\nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "SPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN\r\nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID\r\nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP\r\nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "SPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN\r\nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID\r\nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP\r\nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #37896 \n\nSPIRIT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN \nPERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID \nDAN KONTRIBUSINYA TERHADAP \nPENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .