eprintid: 3790 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/37/90 datestamp: 2012-08-30 14:39:00 lastmod: 2017-03-17 01:49:57 status_changed: 2012-05-04 16:45:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DHADHI TRIATMAJA - NIM. 04471216, title: KONSEP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM (Derivasi Konsep Kepemimpinan Ary Ginanjar Agustian Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam) ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: kepemimpinan ESQ Ary Ginanjar Agustian, kepemimpinan, pendidikan Islam note: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief M.Si abstract: Telaah ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran kepemimpinan Ary Ginanjar Agustian dan menderivasikan ke dalam konsep kepemimpina pendidikan Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan meneliti dan menyelidiki dokumen-dokumen atau literatur-literatur. Analisis data yang digunakan adalah content analysis (analisis isi) yakni investigasi tekstual melalui analisis ilmiah terhadap isi pesan suatu komunikasi, dan interpretasi, yaitu suatu bentuk analisa data dengan cara menyelami karya tokoh kajian. Hasil telaah menunjukkan: (1) bahwa konsep kepemimpinan Ary Ginanjar adalah konsep kepemimpinan yang berpijak pada intisari ajaran Islam, yakni ihsan, Rukun Iman, dan Rukun Islam. Ary Ginanjar menjadikan ketiga komponen dasar ajaran Islam tersebut untuk mengoptimalkan potensi kecerdasan yang dimiliki manusia. Potensi kecerdasan tersebut terdiri dari, kecerdasan intelektual (intelektual Quotient), kecerdasan emosi (emotional Quotient), dan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient). Hasil dari elaborasi ihsan adalah terciptanya emosi yang jernih, yang merupakan dasar dari kecerdasan emosi (EQ). Elaborasi dari Rukun Iman adalah terbentuknya kesadaran diri akan pentingnya alam berpikir sehingga tercipta format berpikir dan emosi yang memiliki kesadaran yang sesuai dengan hati nurani (EQ + SQ). Dan hasil elaborasi Rukun Islam adalah terinternalisasinya semua prinsip ESQ yang memiliki ketangguhan pribadi (personal strength) dan ketangguhan social (social strength); (2) bahwa konsep kepemimpinan ESQ Ary Ginanjar Agustian memiliki value dalam pembentukan kepemimpinan pendidikan Islam. Core value dari konsep kepemimpinan Ary Ginanjar Agustian adalah terbangunnya karakter dan internalisasi ruh kepemimpinan yang sistemis dan sistematis dalam bangunan tangga kepemimpinan yang berawal dari tangga kepemimpinan dicintai, kepemimpinan dipercaya, kepemimpinan pembimbing. Kemudian kepemimpinan berkepribadian, dan terakhir puncak kepemimpinan tertinggi, yaitu pemimpin abadi. Kepemimpinan abadi adalah kepemimpinan yang melibatkan semua potensi kecerdasannya dalam mengjalankan amanah sebagai seorang pemimpin. date: 2010-02-18 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-18 14:46:50 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--dhadhitria-3563-1-dhadhit-m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/72/digilib-uinsuka--dhadhitria-3563-1-dhadhit-m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3979 ; nama file lama : DHADHI TRIATMAJA 04471216 KONSEP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1437109 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: DHADHI TRIATMAJA - NIM. 04471216, (2010) KONSEP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM (Derivasi Konsep Kepemimpinan Ary Ginanjar Agustian Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3790/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3790/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf