TY - CHAP ID - digilib37911 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37911/ A1 - Munip, Abdul Y1 - 2012/08/08/ N2 - Sesungguhnya pemikiran pendidikan Natsir banyak dipengaruhi oleh para pemikir Islam sebelumnya, seperti al-Ghazali, terutama dalam penggunaan term fardlu ain dan fardlu kifayah terhadap kewajiban mendidik anak. Model dan corak pemikiran pendidikan Natsir juga hampir sama dengan para pemikir pendidikan Islam yang bercorak fiqhiyah, seperti Ibn Sahnun, al-Qabisi, asy-Syathibi, al-Ghazali dan az-Zarnuji. Ciri lain pemikiran Natsir adalah konsistensinya dalam pendidikan Islam sebagai pijakan dalam segala aspek, baik politik maupun pendidikan. Di bidang pendidikan, gagasan beliau tentang pendidikan yang bersifat integral, harmonis, dan universal adalah cerminan sikap konsistesni beliau dalam menjadikan Islam sebagai basis aktifitas dan intelektualnya. PB - Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pemikiran Pendidikan KW - Muhammad Natsir KW - Pendidikan yang Integral SN - 979-3921-86-2 TI - Pemikiran Pendidikan Muhammad Natsir: Menuju Pendidikan yang Integral, Harmonis, dan Universal AV - public EP - 160 T2 - Antologi Pemikiran Pendidikan Islam Tokoh Indonesia ER -