eprintid: 37911 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 12410 dir: disk0/00/03/79/11 datestamp: 2020-02-03 01:32:35 lastmod: 2020-02-03 07:31:31 status_changed: 2020-02-03 01:32:35 type: book_section metadata_visibility: show creators_name: Munip, Abdul title: Pemikiran Pendidikan Muhammad Natsir: Menuju Pendidikan yang Integral, Harmonis, dan Universal ispublished: pub subjects: bio_tok subjects: isl_pemik subjects: isl_pend divisions: a-buku full_text_status: public keywords: Pemikiran Pendidikan, Muhammad Natsir, Pendidikan yang Integral abstract: Sesungguhnya pemikiran pendidikan Natsir banyak dipengaruhi oleh para pemikir Islam sebelumnya, seperti al-Ghazali, terutama dalam penggunaan term fardlu ain dan fardlu kifayah terhadap kewajiban mendidik anak. Model dan corak pemikiran pendidikan Natsir juga hampir sama dengan para pemikir pendidikan Islam yang bercorak fiqhiyah, seperti Ibn Sahnun, al-Qabisi, asy-Syathibi, al-Ghazali dan az-Zarnuji. Ciri lain pemikiran Natsir adalah konsistensinya dalam pendidikan Islam sebagai pijakan dalam segala aspek, baik politik maupun pendidikan. Di bidang pendidikan, gagasan beliau tentang pendidikan yang bersifat integral, harmonis, dan universal adalah cerminan sikap konsistesni beliau dalam menjadikan Islam sebagai basis aktifitas dan intelektualnya. date: 2012-08-08 date_type: published publisher: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pages: 160 refereed: TRUE isbn: 979-3921-86-2 book_title: Antologi Pemikiran Pendidikan Islam Tokoh Indonesia citation: Munip, Abdul (2012) Pemikiran Pendidikan Muhammad Natsir: Menuju Pendidikan yang Integral, Harmonis, dan Universal. In: Antologi Pemikiran Pendidikan Islam Tokoh Indonesia. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. ISBN 979-3921-86-2 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37911/1/Pemikiran%20Pendidikan%20Muhammad%20Natsir%20Menuju%20Pendidikan%20yang%20Integral%2C%20Harmonis%2C%20dan%20Universal.pdf