<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman dan\r\npetunjuk hidup bagi umat Islam, maka sebagai umat Islam hendaknya belajar membaca\r\ndan memahami Al-Qur’an dengan benar sesuai kaidah aturan dalam membaca. Pada\r\ndasarnya belajar Al-Qur’an dapat dilakukan dengan berbagai macam metode yang\r\nberkembang di masyarakat salah satunya metode Yanbu’a. Metode Yanbu’a adalah metode\r\nbaca tulis dan menghafal Al-Qur’an yang disusun oleh KH. Muhammad Ulin Nuha\r\nArwani dari Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus. Cara membacanya santri tidak boleh\r\nmengeja membaca langsung disesuaikan dengan makhorijul huruf. Yanbu’a berarti\r\nsumber, yang mengambil dari kata Yanbu’ul Qur’an yang artinya sumber Al-Qur’an. TK\r\nNurul Ummah Kotagede Yogyakarta salah satu TK yang menerapkan metode Yanbu’a\r\ndalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Metode ini mudah dipahami, ringkas, praktis\r\ndan ada jilid pemulanya. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendiskripsikan\r\nImplementasi metode Yanbu’a dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an pada kelompok\r\nA1 di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, (2) Menjelaskan faktor pendukung dan\r\npenghambat dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a pada\r\nkelompok A1.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan\r\ndeskriptif-kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di TK Nurul Ummah Kotagede\r\nYogyakarta kelompok A1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode\r\nobservasi partisipasif, wawancara tersetruktur dan semi tersetruktur, dan teknik\r\ndokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber data dari Kepala\r\nSekolah, guru, anak, dan orang tua, juga pengamatan langsung terhadap penerapan metode\r\nYanbu’a. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Model Miles and\r\nHuberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik\r\npengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi data.\r\nHasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi metode Yanbu’a diawali dengan\r\npengkondisian anak, doa pembuka, pengenalan hururf hijaiyyah secara klasikal dilanjutkan\r\nsorogan, dan terakhir doa penutup. Materi disesuaikan dengan bimbingan mengajar tiap\r\njuz. Metode Yanbu’a dilaksanakan 4 kali dalam seminggu yaitu setiap hari senin sampai\r\nkamis pukul 10.00-11.00 WIB pada kegiatan akhir pembelajaran. Pengajaran metode ini\r\nmenggunakan model pembelajaran klasikal dan sorogan, dibantu dengan alat peraga kitab\r\nYanbu’a. 2) Adapun faktor pendukung pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode\r\nYanbu’a meliputi: Kemampuan guru pengajar Yanbu’a, komunikasi yang baik antara guru\r\ndan orang tua, jadwal yang tersetruktur, ketersediaan kitab Yanbu’a, dan bimbingan orang\r\ntua di rumah, dan semangat anak. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kurangnya\r\nsemangat anak, anak yang cedal, konsentrasi anak, waktu terbatas, kurangnya bimbingan\r\ndan perhatian Orang tua."^^ . "2019-06-18" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 15430078"^^ . "ISTIMAGHFIROH"^^ . "NIM. 15430078 ISTIMAGHFIROH"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019 (Text)"^^ . . . . . "15430078_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019 (Text)"^^ . . . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN\r\nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL\r\nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2018/2019 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #37915 \n\nIMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN \nMEMBACA AL-QUR’AN PADA KELOMPOK A1 DI TK NURUL \nUMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA \nTAHUN AJARAN 2018/2019\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . .