eprintid: 37916 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/79/16 datestamp: 2020-02-03 01:55:16 lastmod: 2020-02-03 01:55:16 status_changed: 2020-02-03 01:55:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dian Lestari 15430079, NIM. 15430079 title: PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG DI KELOMPOK B TK AN-NUR COLO PANJANGREJO PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: med_pemb divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Perilaku Prososial, Permainan Tradisonal, Cublak-Cublak Suweng abstract: Latar belakang penelitian ini adalah perilaku prososial anak di Kelompok B TK An-Nur Colo Panjangrejo Pundong Bantul Yogyakarta yang masih rendah dan perlu ditingkatkan. Hal tersebut terlihat dari kegiatan ketika anak bermain, mayoritas anak kurang bisa bekerja sama dan tolong menolong ketika membereskan mainan, sikap anak masih indivudualis serta anak kurang bisa merespon temannya dengan baik. Sikap sopan santun anak baik lisan maupun tindakan masih rendah. Disamping itu karena kegiatan pembelajaran dengan permainan tradisional Cublak-Cublak Suweng yang belum dilakukan secara baik dan belum berkelanjutan (continue) Penelitian ini dilakukan untuk: 1) mengetahui perilaku prososial anak di Kelompok B TK An-Nur Colo Panjangrejo sebelum melakukan kegiatan permainan tradisional Cublak-Cublak Suweng. 2) mengetahui bagaimana implementasi kegiatan bermain permainan tradisional Cublak-Cublak Suweng di Kelompok B TK An-Nur Colo Panjangrejo. 3) mengetahui peningkatan perilaku prososial anak di Kelompok B TK An-Nur Colo Panjangrejo setelah di terapkan kegiatan bermaian permainan tradisional Cublak-Cublak Suweng. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Siklus Kemmis & Mc Taggart yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Subyek penelitian ini adalah anak didik Kelompok B TK An-Nur Colo Panjangrejo. Objek penelitian ini berupa observasi, lembar checklist, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan diskriptif kualitatif dan kuantitaif diperoleh dari penyajian tabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perilaku prososial anak di Kelompok B TK An-Nur Colo Panjangrejo hanya sebesar 17,56% dengan kategori perilaku prososial tinggi (kategori tinggi dan sangat tinggi) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran masih tergolong belum optimal. 2) Penerapan permainan tradisional Culak-Cublak Suweng dapat meningkatkan perilaku prososial anak Kelompok B TK An-Nur Panjangrejo. Pelaksanaan kegiatan permainan tradisional Cublak-Cublak Suweng berhasil meningkatkan dari kategori rendah pada Siklus I menjadi kategori tinggi pada Siklus II. 3) Setelah penerapan pembelajaran melalui permainan tradisional Cublak-Cublak Suweng, terjadi peningkatan perilaku prososial anak dengan minimal kategori tinggi pada siklus I anak yang menunjukan perilaku prososial 35,30 % dengan minimal kategori tinggi (tinggi dan sangat tinggi) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,35% minimal kategori tinggi (kategori tinggi dan sangat tinggi). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan permainan tradisional Cublak-Cublak Suweng dapat meningkatkan perilaku prososial anak di Kelompok B TK An-Nur Colo Panjangrejo. date: 2019-07-22 date_type: published pages: 213 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dian Lestari 15430079, NIM. 15430079 (2019) PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG DI KELOMPOK B TK AN-NUR COLO PANJANGREJO PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37916/1/15430079_BAB-I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37916/2/15430079_BAB-II_III_IV_V.pdf