%A NIM. 15430081 Aisyah Nurul Hurriyah Sani %O Dr. Kardimin, M. Hum %T KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA %X Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan karakter anak usia dini yang lahir dari kebudayaan dan kesenian khas Indonesia agar terbentuk karakter yang baik untuk mencapai kebahagiaan lahir maupun batin. Hal ini penting mengingat beliau merupakan seorang tokoh pendidikan yang banyak mengemukakan berbagai solusi alternatif bagi problematika bangsa Indonesia dan dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasioanal. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian dilakukan dengan menggunakan sumber-sumber literatur perpustakaaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kajian pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang berasal dari buku karyanya sebagai sumber primer. Metode analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang dilakukan sejak dini membuat anak mempunyai pribadi yang mandiri, empati, serta berakhlak mulia. Pendidikan karakter di Taman Siswa dititikberatkan pada bidang kesenian. Melalui pengajaran ilmu agama, kisah-kisah kepahlawanan dalam tokoh wayang, seni tari, tembang, dolanan dan sejarah kebudayaan. Pendidikan kesenian dan kebudayaan dapat memperhalus karakter anak sekaligus menanamkan rasa cinta tanah air. %K pendikan anak usia dini, pendidikan karakter, Ki Hadjar Dewantara, metode sariswara. %D 2019 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib37917