@phdthesis{digilib37920, month = {July}, title = {UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK JUZ?AMMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALAQQI DI TAMAN KANAK-KANAK ABA PETE MARGODADI SEYEGAN SLEMAN}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.15430088 Rifki Dwi Nur Rahmawati}, year = {2019}, note = {Hafidh Aziz, S.Pd.I., M.Pd.I,}, keywords = {Hafalan surat-surat pendek, Anak Usia Dini, Metode Talaqqi.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37920/}, abstract = {Belajar bukan hanya mengenai ilmu pendidikan, melainkan juga belajar mendalami ilmu agama dengan mengkaji al-qur?an dan menghafalkannya dari menghafal surat-surat pendek terlebih dahulu. Namun realitanya saat ini anak-anak lebih senang bermain gedjet daripada menghafalkan surat-surat pendek. Hal ini harus ditangani dengan serius untuk membenahi kekurangan dalam pendidikan, salah satunya melalui pembelajaran hafalan surat-surat pendek sejak dini. Hal ini membutuhkan kreatifitas agar peserta didik tertarik untuk menghafal surat-surat pendek, salah satu metode yang cocok diterapkan untuk mengkafal surat-surat pendek tersebut adalah dengan menggunakan metode talaqqi. Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana hafalan surat-surat pendek sebelum diterapkan metode talaqqi. (2) bagaimana hafalan surat-surat pendek sesudah diterapkan metode talaqqi. (3) apa saja faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan hafalan-hafalan surat pendek. Penelitian ini bertumpu pada penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan pendekatan konstektual, metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan sumber dari penelitian ini adalah surat-surat pendek dari juz?ama. Kurangnya rasa percaya diri peserta didik dalam melafalkan ayat, peserta didik masih takut akan kesalahan saat membaca surat-surat pendek, serta kurang kondusifnya suasana kelas merupakan faktor penghambat tercapainya kompetensi yang ingin dicapai. Namun, peran aktif orang tua yang turut mendukung anak-anak dalam menghafalkan juz?amma menjadi faktor pendukung tercapainya kompetensi yang ingin dicapai. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode talaqqi dapat meningkatkan kemampuan menghafal susrat-surat pendek di TK ABA Pete Margodadi Seyegan Sleman. Dibuktikan dengan data sebelum menggunakan metode ini tingkat ketercapaian hanya 53,33\%, setelah menggunakan metode talaqqi tingkat keberhasilan mengalami peningkatan yaitu mencapai 80\%.} }