TY - THES N1 - Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya anakanak yang melupakan permainan tradisional, akan tetapi di RA Averrous Bantul masih menerapkan permainan tradisional. Tujuan penelitian ini adalah selain untuk membangun keterampilan sosial anak juga dapat melestarikan permainan tradisional di zaman yang modern ini, agar permainan tradisional tidaklah punah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif, adapun pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan pada anak didik di kelas B2, wawancara dengan Kepala Sekolah, Pendidik, Anak dan dokumentasi di RA Averrous Bantul. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, selanjutnya ditarik kesimpulan dan di evaluasi. Kemudian untuk pemeriksaan/pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti perkembangan keterampilan sosial anak usia dini pada kelas B2 di RA Averrous Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan sosial di RA Averrous Bantul sudah baik, selain itu karena adanya kegiatan yang mendukung dalam membangun keterampilan sosial (2) implementasi permainan tradisional dilakukan saat kegiatan pengkondisian anak dilapangan, bermain sentra dan kegiatan pagi (3) penerapan permainan tradisional dalam membangun keterampilan sosial anak adalah cara efektif bagi orangtua dan pendidik. Keterampilan anak B2 meningkat adanya kegiatan penerapan permainan tradisional. ID - digilib37936 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37936/ A1 - Novitasari Nurjanah, NIM. 15430106 Y1 - 2019/09/05/ PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - permainan tradisional KW - perkembangan keterampilan sosial KW - anak usia dini. M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MEMBANGUN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK KELAS B2 DI RA AVERROUS BANTUL AV - restricted EP - 214 ER -