TY - THES N1 - Pembimbing: Umi Baroroh, M.Ag. ID - digilib3794 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3794/ A1 - ERWIN - NIM. 01420740, Y1 - 2010/02/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar hubungan kemampuan baca tulis siswa dengan prestasi belajar dalam bidang studi bahasa Arab. Bahkan untuk lebih jauh untuk mengetahui kemampuan membaca ataukah menulis yang lebih mempunyai peranan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N Piyungan Bantul Yogyakarta. Sehingga dengan mengetahui kondisi yang demikian maka guru akan lebih memberikan tekanan pada aspek yang mempunyai hubungan lebih kuat pada keberhasilan belajar bahasa Arab. Analisis data meliputi analisi deskriptif dengan menggunakan rumus product moment, dari hasil analisis yang pertama yaitu korelasi antara kemampuan membaca Al-Qur'an dan prestasi belajar bahasa Arab dihasilkan nilai rxy lebih besar dari rt, yaitu dihasilkan rxy sebesar 0,561. Setelah dikonsultasikan dengan rt pada angka yang terdekat yaitu 200, pada angka ini rt pada 5% menunjukkan angka 0,138 dan pada 1% menunjukkan angka 0,181. sedangkan untuk penghitungan korelasi antara kemampuan menulis Al-Qur'an dan prestasi bahasa Arab menunjukkan angka 0,623. Dari dua penghitungan tersebut didapatkan bahwa nilai kedua angka indeks korelasi lebih besar dart rt, maka dinyatakan Ho (Hipotesis Nihil) ditolak. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan baca tulis Al-Qur'an mempunyai hubungan yang kuat terhadap prestasi belajar bahasa Arab khususnya pada siswa kelas VIII MTs N piyungan. 2) Meskipun keduanya mempunyai hubungan yang kuat, namun kemampuan menulis Al-Qur'an mempunyai hubungan yang lebih kuat dari pada membaca Al-Qur'an terhadap prestasi belajar bahasa Arab. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - kemampuan baca tulis siswa KW - prestasi belajar bahasa Arab M1 - skripsi TI - HUBUNGAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PIYUNGAN AV - restricted ER -