<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH\r\nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS\r\nF AZLUR RAHMAN\r\n(STUDI MA'ANIL HADIS)"^^ . "Berawal dari kegelisahan penulis dengan beredarnya surat keputusan sanksi\r\nbagi pendukung pemimpin Non-Muslim dan penista agama dari Dewan Dakwah\r\nIslam Indonesia (DDII) yang melegalkan untuk tidak menyalatkan jenazah mereka\r\nkarena dianggap termasuk dalam golongan munafik yang merusak Islam, penulis\r\nmerasa perlu untuk mengkaji dari sisi akademik, yaitu studi tentang hadis.\r\nDari surat keputusan tersebut bagian mengingat yang menjadi dasar atau\r\ndalil mereka membuat sanksi, pada poin “c”, tentang asba>bun nuzu>l dari ayat 84\r\nsurat al Taubah yaitu hadis yang diriwayatkan oleh Na>fi’ dari Ibnu ‘Umar tatkala\r\nkematian ‘Abdulla>h bin Ubay bin Salul, pembesar kaum Munafik Madinah kala itu.\r\nAtas dasar tersebut DDII memaklumatkan untuk tidak menyalatkan jenazah yang\r\nterbukti mendukung atau memilih pemimpin Non-Muslim pada semua tingkatan\r\npemilu sebagai sanksi atas perbuatan mereka yang digolongkan dalam kategori\r\norang munafik.\r\nSurat keputusan tersebut kemudian diteruskan kepada imam salat, tokoh\r\nagama, serta tokoh masyarakat Islam diseluruh Indonesia. Hal tersebut tentu\r\nmenjadi polemik bagi mereka yang berbeda pendapat akan maksud hadis tersebut,\r\nkhususnya dalam hal ini adalah penulis. Sebagai pemerhati hadis, penulis tertarik\r\nuntuk mengkaji hadis tersebut untuk memberikan pemahaman yang moderat akan\r\nhadis tersebut, khususnya untuk menjawab pertanyaan apakah hadis tersebut\r\nmengisyaratkan pelarangan menyalatkan jenazah ataukah hal lain? Lalu\r\nbagaimakah kontekstualisasi hadis tersebut jika dikaitkan dengan zaman sekarang?\r\nUntuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis membuat karya ini dengan\r\npendekatan ma’anil hadis yang terfokus pada otentifikasi dan validasi dalam\r\nmeneliti sanad hadis dan pendekatan hermeneutik dalam memahami matan hadis.\r\nDengan metode historis dan hermeneutik yang ditawarkan oleh Nurun Najwah\r\nsebagai kerangka teoritik dan mengambil metodologi dari Fazlur Rahman dalam\r\nmencari ide dasar hadis, karya ini akhirnya selesai.\r\nPada akhirnya dalam skripsi ini penulis memaparkan beberapa temuan\r\ntentang hadis tersebut dari aspek eskternal maupun internal hadis yang\r\nmengindikasikan bahwa hadis tersebut dinilai bagus oleh para ulama hadis baik dari\r\nsisi sanad maupun matan, meskipun dalam hal penerimaan hadis tersebut, ulama\r\nberbeda pendapat. Kemudian disisi lain, penulis menemukan beberapa pengertian\r\nyang masyhur terkait munafik baik dari pemahaman ulama dari al Qur’an maupun\r\nhadis. Dan akhirnya pada bab terakhir penulis menjelaskan tentang bagaimana\r\npemahaman akan hadis tersebut, khususnya tentang apa yang terjadi saat kejadian\r\ntersebut muncul pada zamannya, hingga bagaimana kita menyikapi pemahaman\r\nyang tepat untuk masa sekarang tentang hadis tersebut dengan melihat ide dasar\r\nhadis, bukan pada literatur teks hadis secara bebas tanpa proses mengkaji sosiohistoris\r\nkemunculan kejadian tersebut.\r\nHasil dari penelitian penulis menunjukkan bahwa kejadian yang disebutkan\r\ndalam riwayat hadis tersebut terkonfirmasi dari berbagai sumber termasuk sumber\r\nkitab sejarah. Kemudian tentang respon yang Nabi lakukan terhadap perkataan\r\n‘Umar yang mencegah untuk menyalatkan Abdullah bin Ubay adalah sebuah\r\nbentuk kehati-hatian Nabi dalam hal menyikapi hal yang masih samar, terutama\r\nxvii\r\nmasalah kemunafikan. Hingga turun ayat penegas untuk Nabi yang benar-benar\r\nmelarang atau mencegah. Pada akhirnya apa yang dapat dipetik dari kejadian\r\ntersebut bukanlah tentang mengisyaratkan pelegalan untuk pelarangan menyalatkan\r\njenazah, melainkan adalah mengambil pelajaran dari perilaku atau akhlak Nabi\r\nterhadap orang yang membencinya hingga akhir hayatnya, dan sikap kehati-hatian\r\nNabi menyikapi hal yang samar khususnya tentang kemunafikan."^^ . "2019-08-27" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 15551017"^^ . "Maulana Ikhsanun Karim"^^ . "NIM. 15551017 Maulana Ikhsanun Karim"^^ . . . . . . "HADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH\r\nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS\r\nF AZLUR RAHMAN\r\n(STUDI MA'ANIL HADIS) (Text)"^^ . . . . . "15551017_BAB I_ IV_atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH\r\nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS\r\nF AZLUR RAHMAN\r\n(STUDI MA'ANIL HADIS) (Text)"^^ . . . . . "HADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH\r\nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS\r\nF AZLUR RAHMAN\r\n(STUDI MA'ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH\r\nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS\r\nF AZLUR RAHMAN\r\n(STUDI MA'ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH\r\nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS\r\nF AZLUR RAHMAN\r\n(STUDI MA'ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH\r\nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS\r\nF AZLUR RAHMAN\r\n(STUDI MA'ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH\r\nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS\r\nF AZLUR RAHMAN\r\n(STUDI MA'ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH\r\nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS\r\nF AZLUR RAHMAN\r\n(STUDI MA'ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH\r\nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS\r\nF AZLUR RAHMAN\r\n(STUDI MA'ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH\r\nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS\r\nF AZLUR RAHMAN\r\n(STUDI MA'ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #37957 \n\nHADIS TENTANG MENYALATKAN JENAZAH \nORANG MUNAFIK: APLIKASI HERMENEUTIKA HADIS \nF AZLUR RAHMAN \n(STUDI MA'ANIL HADIS)\n\n" . "text/html" . . . "Hadis" . .