TY - THES N1 - Dr. Muqowim, M. Ag. ID - digilib37966 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37966/ A1 - RINA ELISTIANA, NIM. 15410101 Y1 - 2019/08/07/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan karakter yang terkesan berjalan sendiri-sendiri dan masih terjadi kenakalan remaja. SMPN 4 Pakem Sleman telah melaksanakan pendidikan karakter dan kemudian ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta sebagai pilotting Penguatan Pendidikan Karakter. Hal yang belum dilakukan dalam tata urutan dalam manajemen pendidikan karakter dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), dan penilaian (evaluating) terhadap suatu program adalah evaluasi. Sehingga perlu diadakan sebuah penelitian tentang Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Agama Islam Di SMPN 4 Pakem, Sleman sebagai acuan untuk menentukan keputusan selanjutnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apa evaluasi context, input, process dan product penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran agama Islam di SMPN 4 Pakem, Sleman?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa evaluasi context, input, process dan product penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran agama Islam di SMPN 4 Pakem, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Ananlisis data dilakukan dengan menggunakan metode reduksi data dan ditarik kesimpulan. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan (1) evaluasi context menunjukkan kesesuaian antara visi misi dan tujuan sekolah dengan kebutuhan sekolah dan program penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan, (2) evaluasi input sudah efektiv karena guru, peserta didik dan sarana prasarana sekolah sudah memadai dan dimanfaatkan secara maksimal, (3) evaluasi process menunjukkan efektiv karena tata kelola, kegiatan rutin, dan pembelajaran agama Islam mengandung pendidikan karakter yang baik dan mendukung pembentukan karakter siswa dan (4) evaluasi product menunjukkan bahwa siswa secara keseluruhan dalam pembelajaran agama Islam sudah memiliki karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas dalam pembelajaran agama Islam. Secara keseluruhan, menunjukkan keadaan yang efektif penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran agama Islam di SMPN 4 Pakem, Sleman. Kata kunci : Evaluasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Pembelajaran Agama Islam PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Kata kunci : Evaluasi KW - Penguatan Pendidikan Karakter KW - Pembelajaran Agama Islam M1 - skripsi TI - EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMPN 4 PAKEM SLEMAN AV - restricted EP - 134 ER -