relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3797/ title: HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN SISWA PADA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL QURAN DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA creator: EVI NUR JANNAH - NIM. 06410151-04, subject: Pendidikan Agama Islam description: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa siswa-siswi yang memiliki kelekatan tinggi pada guru dan motivasi belajar yang tinggi, akan memiliki kemampuan membaca Al Quran yang bagus. Namun kenyataannya, siswa yang mengikuti progam Baca Tulis Al Quran di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta memiliki kemampuan membaca Al Quran belum semuanya baik, masih ada sebagian siswa yang belum lancar dalam membaca Al-Quran. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara kelekatan siswa pada guru dan motivasi belajar Baca Tulis Al Quran dengan kemampuan membaca Al Quran. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kelekatan siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta pada guru Baca Tulis Al Quran. 2) Bagaimana motivasi belajar Baca Tulis Al Quran siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. 3) Bagaimana kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. 4) Adakah hubungan positif antara kelekatan siswa pada guru dengan kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. 5) Adakah hubungan positif antara motivasi belajar baca tulis Al-Quran dengan kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. 6) Adakah hubungan yang positif secara bersama-sama antara kelekatan siswa pada guru dan motivasi belajar Baca Tulis Al Quran dengan kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara Kelekatan Siswa pada Guru dan Motivasi Belajar Baca Tulis Al Quran dengan Kemampuan Membaca Al Quran Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 111 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional random sampling. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan ketentuan tabel Krecjie dengan jumlah sampel sebanyak 86 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuisioner, tes, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas menunjukkan dari 15 item variabel kelekatan sisw a pada guru terdapat 14 item yang valid, sedangkan dari 15 butir item variabel motivasi belajar siswa terdapat 14 butir item yang valid. Uji reliabilitas menunjukkan koefisien korelasi Alpha Cronbach variabel kelekatan siswa sebesar 0,778 sedangkan untuk variabel motivasi belajar siswa sebesar 0,775. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kelekatan siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta pada guru Baca Tulis Al Quran berada pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 41,5814 dan standar deviasi sebesar 6,15575. 2) Motivasi belajar Baca Tulis Al Quran siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta berada pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 47,6047 dengan standar deviasi sebesar 5,55249. 3) Kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta berada pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 68,3065 dengan standar deviasi sebesar 4,36001. 4) Terdapat hubungan positif antara kelekatan siswa pada guru dengan kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar sebesar 0,009 lebih kecil dari 0,05. 5) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar Baca Tulis Al Quran dengan kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. 6) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kelekatan siswa pada guru dan motivasi belajar Baca Tulis Al Quran dengan kemampuan membaca Al Quran siswa kelas III SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R korelasi ganda sebesar 0,479 lebih besar dari r tabel yaitu sebesar 0,217 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin tinggi tingkat kelekatan siswa kelas III pada guru dan motivasi belajar BTA mereka maka akan semakin tinggi pula kemampuan membaca Al Quran mereka. date: 2010-02-19 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3797/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3797/2/BAB%20II%2CIII.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3797/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3797/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3797/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3797/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3797/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3797/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3797/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3797/10/small.jpg identifier: EVI NUR JANNAH - NIM. 06410151-04, (2010) HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN SISWA PADA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL QURAN DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.