TY - THES N1 - Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd ID - digilib37972 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37972/ A1 - AULIA AYU MIRANTI, NIM. 15410133 Y1 - 2019/07/30/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah masyarakat Indonesia bisa disebut sebagai masyarakat yang multikultural namun beragamnya kondisi masyarakat di Indonesia selama ini belum membuat antar lapisan masyarakat menjadi saling menghormati serta saling menerima akan keberagamannya. Seperti contohnya keragaman di SMA Muhammadiyah 1 Bantul hampir menyeret siswa-siswinya dalam tawuran yang dipicu karena ketidakharmonisan antar siswa. Perbedaan latar belakang siswa lalu menjadi pemicu saling mengejek, dan akhirnya hampir menyeret siswa dalam tawuran di lingkungan sekolah. Seiring berjalannya waktu, konflik internal yang melibatkan antar siswa dalam satu lingkungan sekolah tersebut perlahan semakin berkurang. Sehingga penelitian ini dilaksanakan untuk mengkaji penerapan pembelajaran akidah akhlak dari perspektif pendidikan multikultural dan penilaian hasil pembelajaran akidah akhlak di SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan sosiologis. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, reduksi data, display data, verifikasi, serta triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pembelajaran akidah akhlak di SMA Muhammadiyah 1 Bantul menerapkan lima dimensi pendidikan multikultural. Aspek the knowledge constructions process; guru menyelidiki latar belakang siswa sebelum melaksanakan proses pembelajaran, membangun komunikasi yang baik dengan siswa, content integration; guru bersikap tegas dalam penerapan Bahasa Indonesia, an equality pedagogy; banyak strategi pembelajaran yang digunakan (diskusi, kerja kelompok, presentasi dengan modifikasi), an empowering school cultural; pembiasaan sholat berjamaah (dhuha, dzuhur, dan asar), semua guru kooperatif dalam mendidik siswa, serta diadakannya kompetisi pada ix event-event tertentu di luar kelas secara konsisten (lomba memasak, kartini, kebersihan kelas, ceramah, dan cerdas cermat), dan prejudice reduction; guru tertib administrasi. 2) Penilaian hasil belajar akidah akhlak di SMA Muhammadiyah 1 Bantul mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Ranah kognitif memposisikan 99.28% siswa memenuhi KKM. Ranah afektif membuat para siswa saling menghormati, disiplin, tertib, serta saling menerima perbedaan yang ada. Ranah psikomotor membuat siswa mahir menghafal ayat serta hadis pilihan. Kata Kunci : pembelajaran akidah akhlak, perspektif pendidikan multikultural PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Kata Kunci : pembelajaran akidah akhlak KW - perspektif pendidikan multikultural M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL AV - restricted EP - 243 ER -