<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN\r\nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI\r\nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA\r\n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah kegelisahan peneliti mengenai\r\nkesulitan siswa/siswi tunanetra dalam mempelajari Alquran Braille. Hal tersebut\r\ndikarenakan kurangnya kesadaran siswa/siswi, keluarga yang kurang mendukung,\r\nketerbatasan jam pelajaran dan sarana prasarana yang kurang memadai. Untuk\r\nmengatasi hal tersebut, perlu adanya upaya-upaya dari berbagai pihak. Salah satu\r\nyang sangat penting adalah upaya dari guru Dalam hal ini MTs LB/A Yaketunis\r\nYogyakarta menerapkan berbagai macam solusi untuk mengatasi kesulitankesulitan\r\nsiswa/siswi tunanetra dalam mempelajari Alquran Braille. Salah\r\nsatunya berupa mengadakan pembelajaran dan ekstrakulikuler berupa Qowa’idul\r\nImla’ yang wajib diikuti oleh seluruh siswa/siswi. Tujuan penelitian ini\r\nditekankan untuk menjawab tentang bagaimana analisis pembelajaran Qowa’idul\r\nImla dengan menggunakan Alquran Braille beserta hambatan dan solusi untuk\r\nmengatasi kesulitan membaca alquran siswa tunanetra.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang\r\nbersifat kualitatif dengan mengambil latar MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta.\r\nSubjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran, siswa/siswi MTs\r\nLB/A Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,\r\nwawancara, dan dokumentasi. Dalam Uji keasahan data, penulis menggunakan\r\ntriangulasi data dengan cara membandingkan informasi yang diperoleh dari\r\nbeberapa sumber yang berbeda dan teknik yang berbeda, sehingga diperoleh data\r\nyang absah. Kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles\r\ndan Huberman, yaitu reduksi data, displai data, dan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran Qowa’idul\r\nImla’ dilakukan secara bertahap yaitu di kelas VII berupa pengenalan huruf hijaiyah,\r\nkelas VIII materi tajwid dan menulis arab braille, kelas IX sejarah yaketunis (2)\r\nHambatan dalam pembelajaran Qowa’idul Imla’ yaitu kurangnya motivasi dalam\r\ndiri siswa, kurangnya guru pengampu mata pelajaran Qowa’idul Imla’, kurangnya\r\nsarana prasarana dan kurangnya waktu pelajaran. (3) Solusi yang dilakukan dalam\r\nmengatasi kesulitan membaca Alquran siswa tunantra yaitu melakukan penilaian\r\nterlebih dahulu sebelum masuk MTs LB/A Yaketunis, mengadakan kegiatan\r\nekstrakulikuler Qowa’idul Imla’, mengadakan sistem asrama bagi siswa/siswi.\r\nKata Kunci: Alquran Braille, Pembelajaran Qowa’idul Imla’, Siswa\r\npenyandang tunanetra"^^ . "2019-08-30" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 15410144"^^ . "Muhammad Sibawih"^^ . "NIM. 15410144 Muhammad Sibawih"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN\r\nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI\r\nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA\r\n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "15410144_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN\r\nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI\r\nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA\r\n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN\r\nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI\r\nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA\r\n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN\r\nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI\r\nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA\r\n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN\r\nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI\r\nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA\r\n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN\r\nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI\r\nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA\r\n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN\r\nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI\r\nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA\r\n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN\r\nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI\r\nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA\r\n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN\r\nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI\r\nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA\r\n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN\r\nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI\r\nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA\r\n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #37983 \n\nPENERAPAN PEMBELAJARAN QOWA’IDUL IMLA’ DENGAN \nMENGGUNAKAN ALQURAN BRAILLE UNTUK MENGATASI \nKESULITAN MEMBACA ALQURAN SISWA LUAR BIASA \n(TUNANETRA) DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "al Qur'an" . .