eprintid: 37993 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/79/93 datestamp: 2020-07-03 06:42:55 lastmod: 2020-07-03 06:43:02 status_changed: 2020-07-03 06:42:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUTIA MUNAWIROH, 15410167 title: KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MORALITAS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Moralitas note: Drs. Moch Fuad, M.Pd. abstract: Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII rata-rata memiliki nilai raport yang baik di dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, namun pada kenyataannya, dibalik prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang baik masih terdapat anak-anak yang bertindak amoral seperti mengikuti tawuran dan bersikap vandalisme yaitu mencoret-coret dinding dilingkungan sekolah. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, seberapa tinggi tingkat moralitas siswa kelas VIII dan apakah ada hubungan yang positif antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan moralitas siswa kelas VIII di SMP N 1 Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 83 siswa dari total populasi yaitu 104 siswa melalui teknik random. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan korelasi product moment. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis statistik dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat prestasi belajar aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan berada pada kategori baik sebanyak 54 siswa atau 65%. 2) Tingkat moralitas siswa kelas VIII yang meliputi nilai kejujuran, keadilan, rasa hormat, kontrol diri, dan xii perdamaian berada pada kategori cukup baik sebanyak 32 siswa atau 38,4%. 3) Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS diperoleh hasil 0.615 artinya bahwa ada korelasi positif antara kedua variabel yaitu Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Moralitas Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Banguntapan. Hal tersebut dapat diterima karena berada pada tingkat koefisien korelasi 0,60 – 0,799, maka tingkat hubungan termasuk dalam kategori tinggi. Koefisien korelasi 0.615 (r hitung) lebih besar dari 0.216 (r tabel) pada taraf kesalahan 5% disertai dengan taraf signifikasi 0.000 < 0.05. Kata Kunci: Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Moralitas date: 2019-08-29 date_type: published pages: 163 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUTIA MUNAWIROH, 15410167 (2019) KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MORALITAS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37993/1/15410167_BAB%20I%20dan%20BAB%20Terakhir.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37993/2/15410167_BAB%20II%20dan%20BAB%20III.pdf