eprintid: 37996 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/79/96 datestamp: 2020-07-03 06:43:45 lastmod: 2020-07-03 06:43:53 status_changed: 2020-07-03 06:43:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Eka Oktafianingsih, NIM : 15410177 title: HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN AMANAH HUSADA BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: religiusitas, prestasi belajar PAI note: Drs. Nur Munajat, M. Si. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sesungguhnya kualitas suatu pendidikan sangat bergantung dengan keberhasilan dalam membentuk siswa yang berkualitas, hal itulah yang menjadi titik pusat dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam, salah satu masalah yang harus mendapat perhatian adalah prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa, karena setiap siswa memiliki perbedaan cara belajar antara satu dengan yang lainnya dalam pola pikir, cara merespon atau mempelajari materi dalam pelajaran. Hasil belajar atau prestasi belajar setiap siswa di SMK Kesehatan Amanah Husada dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam berbeda dengan siswa lainnya, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Terdapat siswa yang memiliki prestasi belajar yang tinggi, adapula yang memiliki prestasi rendah. Pendidikan agama Islam seringkali dikaitkan dengan pendidikan dalam membentuk dan meningkatkan keberagamaan seseorang atau dikenal dengan religiusitas. Sehingga pengetahuan dan pemahaman dalam beragama mampu menentukan hasil atau prestasi belajar seseorang. Pada dasarnya tinggi dan rendahnya prestasi belajar PAI dapat disebabkan oleh beberapa faktor, begitupula dengan prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMK Kesehatan Amanah Husada Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Kesehatan Amanah Husada Bantul Yogyakarta sebanyak 80 siswa. Penelitian ini tergolong dalam penelitian populasi karena jumlah populasi data kurang dari 100 siswa, sehingga semua jumlah populasi dijadikan sebagai subyek penelitian. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji korelasi produt moment. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 77-79 dengan persentase sebanyak 80% (2) Religiusitas siswa berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 115-124 dengan persentase 33, 75% (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara religiusitas dengan prestasi belajar mata pelajaran PAI Siswa kelas XI SMK Kesehatan Amanah Husada Yogyakarta dengan koefisien korelasi sebesar 0,409 dan berada pada tingkat 0,40-0,599 yang menunjukan tingkat korelasi sedang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara religiusitas dengan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMK Kesehatan Amanah Husada Bantul Yogyakarta. Kata Kunci: religiusitas, prestasi belajar PAI date: 2019-09-23 date_type: published pages: 145 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Eka Oktafianingsih, NIM : 15410177 (2019) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN AMANAH HUSADA BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37996/1/15410177_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37996/2/15410177_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf