%0 Thesis %9 Skripsi %A Iis Rahmawati, NIM. 15140022 %B Fakultas Adab dan Ilmu Budaya %D 2019 %F digilib:38036 %I UIN Sunan Kalijaga %K Evaluasi, Layanan anak, Guidelines IFLA, IFLA (International Federation of Library Association And Institutions) %P 172 %T EVALUASI LAYANAN ANAK DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIT GRHATAMA PUSTAKA DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (DPAD) DIY MENURUT GUIDELINE IFLA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38036/ %X Penelitian ini membahas mengenai evaluasi yang berfokus pada layanan pengguna pada Layanan Anak di Balai Layanan Perpustakaan unit Grhatama Pustaka Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menurut Guidelines IFLA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian aspek layanan pengguna pada layanan anak di Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka DPAD DIY berdasarkan Guidelines IFLA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan triangulasi dan membercheck. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu dengan tiga langkah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa dari 4 bagian Guidelines IFLA yaitu material, sumber daya manusia, pelayanan dan ruang yang terdiri dari 29 komponen yang dievaluasi terdapat 20 komponen yang sudah sesuai dengan Guidelines IFLA pada semua bagian dan 9 komponen yang belum sesuai dengan Guidelines IFLA pada bagian material, sumber daya manusia dan pelayanan. Dalam bentuk presentase dapat diketahui bahwa dari 4 bagian Guidelines IFLA yang terdiri dari 29 Komponen terdapat 69% yang sudah sesuai dengan Guidelines IFLA dan 31% yang belum sesuai dengan Guidelines IFLA. Evaluasi, Layanan anak, Guidelines IFLA, IFLA (International Federation of Library Association And Institutions) %Z Marwiyah, S.Ag., S.S., M.LIS.