eprintid: 38045 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/80/45 datestamp: 2020-02-10 07:08:11 lastmod: 2020-02-10 07:08:11 status_changed: 2020-02-10 07:08:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIZQI NAFI’AH, NIM: 15490040 title: STUDI ANALISIS MANAJEMEN PROGRAM MOBILE LEARNING DI SMAN 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: manj_pend divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: manajemen, mobile learning note: Rinduan Zain, MA abstract: Penggunaan pembelajaran dengan m-learning tidak bisa diterima begitu saja oleh semua guru sehingga perlu dimodifikasi agar tidak menimbulkan permasalahan bagi orang-orang yang tidak setuju dengan model pembelajaran ini. Sehingga, pembelajaran dengan m-learning perlu dikelola dengan baik agar dapat digunakan secara efektif dan efisien. SMAN 1 Yogyakarta merupakan sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran dengan m-learning. Di sekolah tersebut m-learning digunakan untuk mengirim materi pembelajaran, membuat soal, dan mengerjakan soal ujian maupun ulangan harian. Selain itu, SMAN 1 Yogyakarta sudah didukung dengan fasilitas WI-FI yang cukup sehingga memudahkan penggunaan m-learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, 2 guru, 1 pemegang IT dan 3 siswa. Pengambilan sampel didasarkan pada kriteria 3M mengetahui, memahami dan mengalami dengan mengunakan tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Manajemen pembelajaran dengan m-learningdi SMAN 1 Yogyakarta sudah mampu menunjang proses pembelajaran di sekolah.Selain itu, sarana dan prasarana di SMAN 1 Yogyakarta sudah mencukupi sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Manajemen program pembelajaran m-learning di SMAN 1 Yogyakarta sesuai dengan teori GR. Terry, yaitu Planning (perencanaan), mencakup merumuskan visi dan misi, merancang kualitas pembelajaran, serta menyiapkan sarana dan prasarana. Organizing (pengorganisasian), bentuk pengorganisasian yang dilakukan oleh SMAN 1 Yogyakarta untuk mendukung proses pembelajaran m-learning ialah dengan mengadakan pelatihan kepada guru mengenai e-modul dan perangkat soal. Actuating (penggerakan), penggerakan dilakukan dengan cara memberikan pengarahan dan motivasi kepada siswa untuk memakai program pembelajaran m-learning. Hal inidilakukan dengan cara memberikan tugas melalui m-learning pada moment-moment tertentu. Controlling (Evaluasi), proses ini dilakukan dengan mengadakan penilaian sekaligus evaluasi dari program yang telah berjalan.. Sedangkan, konsep pembelajaran dengan m-learningsebagai suplemen pendukung dan variasidalam pembelajaran. Kata kunci: manajemen, mobile learning date: 2019-08-29 date_type: published pages: 162 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RIZQI NAFI’AH, NIM: 15490040 (2019) STUDI ANALISIS MANAJEMEN PROGRAM MOBILE LEARNING DI SMAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38045/1/15490040_BAB%201_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38045/2/15490040_BAB%20II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf