%0 Thesis %9 Skripsi %A AZWAR NUR FAUZAN, NIM. 15120035 %B Fakultas Adab dan Ilmu Budaya %D 2019 %F digilib:38062 %I UIN Sunan Kalijaga %K Sekolah Formal, Sejarah, Pesantren. %P 106 %T SEJARAH PONDOK PESANTREN BINA UMAT DI DUSUN SETRAN, KECAMATAN MOYUDAN, KABUPATEN SLEMAN (1998-2017) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38062/ %X Pesantren merupakan lembaga pendidikan sebagai sarana penyebaran ajaran Islam yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Pondok Pesantren Bina Umat merupakan salah satu wujud dari fenomena perkembangan lembaga pesantren di Indonesia. Pondok Pesantren Bina Umat berdiri pada tahun 2001 di bawah naungan Yayasan Bina Umat, kemudian pada tahun 2003 dan 2006 didirikan sekolah formal yang diberi nama SMA IT dan SMA IT Bina Umat sebagai pengembangan pondok pesantren. Adapun kurikulum yang digunakan merupakan perpaduan antara kurikulum pondok dan kurikulum nasional. Berangkat dari hal tersebut, penelitian mengenai sejarah Pondok Pesantren Bina Umat ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan dari Pondok Pesantren Bina Umat tahun 1998-2017. Penelitian ini merupakan kajian sejarah sosial. Oleh karena itu, penulis menggunakan pendekatan sosial dan teori evolusi Harbert Spencer dalam menganalisis perkembangan dan peranannya pada pondok pesantren yang menjadi objek kajian. Metode yang digunakan yaitu metode sejarah, yang meliputi empat langkah yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perjalanan Pondok Pesantren Bina Umat dalam mengembangkan suatu lembaga pendidikan mempunyai bentuk yang khas. Bermula dari lembaga pendidikan non formal kemudian berkembang dengan mendirikan sekolah formal, selain itu Pondok Pesantren Bina Umat memiliki hubungan yang erat dengan masyarakat sekitar. Hal ini diwujudkan dengan kegiatan atau programnya di bidang pendidikan, bidang sosial masyarakat, dan bidang sosial keagamaan. Kata Kunci : Sekolah Formal, Sejarah, Pesantren. %Z Herawati S.Ag., M. Pd