%A NIM. 16220025 Siti Nurhikmah Fauziah %O A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si. %T KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGATASI PROBLEMATIKA SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 1 YOGYAKARTA %X Siti Nurhikmah Fauziah (16220025), Konseling Individu untuk Mengatasi Problematika Siswa dalam Menghafal Al-Qur’an di MAN 1 Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Program menghafal Al-Qur’an yang dilaksnaakan di MAN 1 Yogyakarta menimbulkan berbagai problematika bagi siswa yang memiliki berbagai macam latarbelakang sehingga seringkali mengalami kendala dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN 1 Yogyakarta. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tahapan-tahapan konseling individu yang dilakukan untuk mengatasi problematika menghafal Al-Qur’an di MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan konseling individu yang dilakukan untuk mengatasi problematika menghafal Al-Qur’an di MAN 1 Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah satu guru pengampu tahfidz sebagai pelaksana dari konseling individu dan dua siswa yang mempunyai masalah dalam program menghafal Al-Qur’an di sekolah, sedangkan obyek penelitian ini adalah tahap-tahap pelaksanaan konseling individu dalam mengatasi problematika siswa dalam menghafal Al-Qur’an di MAN 1 Yogyakarta. Pengmpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keasahan data menggunakan triangulasi, teknik triangulasi yang digunakan adalah pemeriksaan melalui sumber lain. Hasil penelitian tahapan konseling individu yang ditempuh untuk mengatasi problematika siswa dalam menghafal Al-Qur’an di MAN 1 Yogyakarta, yakni (1) tahap prencanaan yang meliputi identifikasi masalah, mengatur waktu pertemuan, menyiapkan tempat dan perangkat teknis penyelenggaraan layanan , pemanggilan siswa, siswa memenuhi panggilan; (2) Tahap Pelaksanaan, meliputi membangun hubungan, identifikasi masalah, eksplorasi, pengentasan masalah dengan teknik; (3) Evaluasi yang meliputi evaluasi segera, jangka pendek, dan jangka panjang; (4) Tindak lanjut yakni memantau perkembangan anak; (5) Laporan dengan cara melaporkan hasil pelaksanaan konseling individu kepada kepala sekolah, guru BK atau pengawas, dan wali kelas. Kata kunci: Konseling Individu, Problematika menghafal Al-Qur’an %K Konseling Individu, Problematika menghafal Al-Qur’an %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38088