eprintid: 3811 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/38/11 datestamp: 2012-09-24 15:02:04 lastmod: 2012-09-24 15:04:06 status_changed: 2012-05-04 16:45:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M IBRAHIM MAKSUM AL-AYYUBI - NIM. 05410164, title: STRATEGI PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) PADA MATERI FIQIH DI KELAS XI IPS 2 MAN PAKEM SLEMAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: teknik penerapan strategi PAIKEM, pembelajaran fiqih note: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M. Ag abstract: Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah mengingat pentingnya materi fiqih untuk dipahami siswa, karena fiqih merupakan proses pengarahan agar peserta didik tidak hanya mengenal, memahami, menghayati dan mengamalkan hukum Islam yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya. Oleh karena itu pendidik fiqih harus mendesain suatu pembelajaran yang dapat menggerakkan hati peserta didik untuk melaksanakan materi pembelajaran yang telah dipelajari di kelas. Untuk mencapai harapan dan memecahkan persoalan ini di kembangkan strategi PAIKEM, sehingga jalannya pembelajaran dapat membuat siswa bukan saja aktif secara fisik tetapi juga phisikisnya dan saling berinteraksi antar siswa, siswa dan guru, serta siswa dan sumber belajar. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana teknik penerapan strategi PAIKEM dalam pembelajaran fiqih serta bagaimana hasil pembelajaran strategi PAIKEM pada materi fiqih di kelas XI IPS 2 di MAN Pakem Sleman . Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Dalam kegiatan penelitian yang menjadi sumber informasi adalah : guru mata pelajaran fiqih, siswa MAN Pakem serta Waka kurikulum. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data adalah analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Teknik penerapan strategi PAIKEM dalam pembelajaran fiqih di Kelas XI IPS 2 MAN Pakem adalah: a) Penerapan strategi PAIKEM di kelas XI IPS 2 MAN Pakem Sleman sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh guru pengampu. b) Dalam penerapannya guru pengampu memperhatikan berbagai prinsip penerapan strategi PAIKEM. c) Dalam penerapannya guru pengampu juga telah memahami karakter dan melihat kemampuan peserta didik, karena tiap anak mempunyai kecenderungan yang berbeda. d) Terdapat berbagai macam kendala, namun bisa diminimalisir dengan membuat kontrak belajar antara peserta didik dengan guru pengampu pada awal pembelajaran. 2) Hasil pembelajaran strategi PAIKEM pada materi fiqih sudah berhasil pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal ini bisa diketahui berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti melalui pengamatan di dalam dan di luar kelas. date: 2010-02-19 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-19 14:53:34 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--mibrahimma-3582-1-mibrahi-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/72/digilib-uinsuka--mibrahimma-3582-1-mibrahi-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4000 ; nama file lama : M IBRAHIM MAKSUM AL-AYYUBI 05410164 STRATEGI PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) PADA MATERI FIQIH DI KELAS XI I ; format file : application/pdf ; besar file : 1473269 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: M IBRAHIM MAKSUM AL-AYYUBI - NIM. 05410164, (2010) STRATEGI PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) PADA MATERI FIQIH DI KELAS XI IPS 2 MAN PAKEM SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3811/1/BAB%20I%20%26%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3811/2/BAB%20II.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3811/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3811/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3811/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3811/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3811/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3811/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3811/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3811/10/small.jpg