TY - THES N1 - Pembimbing: Umi Baroroh, M.Ag ID - digilib3812 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3812/ A1 - M. ALWAN - NIM. 03410154, Y1 - 2010/02/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan belajar mengajar Qur`an Hadits, usaha-usaha yang dilakukan oleh guru Qur`an Hadits dalam rangka meningkatkan kemampuan penerapan ilmu tajwid siswa, dan untuk mengetahui hasil dari usaha guru tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pedagogis, dalam hal ini dengan pola umum kegiatan belajar mengajar, baik kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Latar penelitian ini adalah MTsN Tempel Sleman Yogyakarta, pengumpulan datanya dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu : dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tujuan pembelajaran Qur`an Hadits adalah agar siswa terampil membaca Al Qur`an, menjadikannya sebagai pedoman hidup dan dapat mengamalkannya, Proses belajar mengajar Qur`an Hadits kelas VII MTsN Tempel meliputi tiga tahap yaitu : Pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti (penyampaian materi) dan penutup, Metode yang digunakan oleh guru Qur`an Hadits dalam kegiatan belajar mengajar bervariatif atau tidak monoton. Media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar berupa : Papan tulis, Kapur, Buku paket dan LKS. Teknik mengevaluasi siswa dengan dua cara yaitu: Evaluasi formatif dan Evaluasi sumatif. (2) Usaha yang dilakuan guru Qur`an Hadits melalui pola umum kegiatan belajar mengajar, berupa : a. Kegiatan intrakurikuler : Guru mengupayakan melalui beberapa komponen kegiatan belajar mengajar, diantaranya menggunakan metode yang variatif, menggunakan berbagai media dan mengevaluasi siswa dalam berbagai ranah. Pada kegiatan inti proses belajar mengajar yaitu dengan siswa disuruh membaca satu persatu ayat Al Qur`an dengan di simak oleh guru dan siswa yang lain, b. Kegiatan Kokurikuler: Guru memberikan tugas kepada siswa berupa : membaca ayat Al Qur`an, menulis ayat dan terjemahnya, dan mencari hukum bacaan, c. Kegiatan ekstrakurikuler: Guru Qur`an Hadits sebagai pembimbing dalam kegiatan ekstra Keagamaan, mengupayakan melalui kegiatan ekstra tersebut yang pelaksanaannya bermaterikan Iqra`. (3) Hasil usaha guru Qur`an Hadits dalam meningkatkan kemampuan penerapan ilmu tajwid siswa cukup berhasil. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - belajar mengajar Qur`an Hadits KW - penerapan ilmu tajwid M1 - skripsi TI - USAHA GURU QUR`AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENERAPAN ILMU TAJWID SISWA KELAS VII MTsN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -