eprintid: 3812 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/38/12 datestamp: 2012-09-11 12:53:35 lastmod: 2012-09-11 12:55:05 status_changed: 2012-05-04 16:45:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M. ALWAN - NIM. 03410154, title: USAHA GURU QUR`AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENERAPAN ILMU TAJWID SISWA KELAS VII MTsN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: belajar mengajar Qur`an Hadits, penerapan ilmu tajwid note: Pembimbing: Umi Baroroh, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan belajar mengajar Qur`an Hadits, usaha-usaha yang dilakukan oleh guru Qur`an Hadits dalam rangka meningkatkan kemampuan penerapan ilmu tajwid siswa, dan untuk mengetahui hasil dari usaha guru tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pedagogis, dalam hal ini dengan pola umum kegiatan belajar mengajar, baik kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Latar penelitian ini adalah MTsN Tempel Sleman Yogyakarta, pengumpulan datanya dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu : dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tujuan pembelajaran Qur`an Hadits adalah agar siswa terampil membaca Al Qur`an, menjadikannya sebagai pedoman hidup dan dapat mengamalkannya, Proses belajar mengajar Qur`an Hadits kelas VII MTsN Tempel meliputi tiga tahap yaitu : Pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti (penyampaian materi) dan penutup, Metode yang digunakan oleh guru Qur`an Hadits dalam kegiatan belajar mengajar bervariatif atau tidak monoton. Media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar berupa : Papan tulis, Kapur, Buku paket dan LKS. Teknik mengevaluasi siswa dengan dua cara yaitu: Evaluasi formatif dan Evaluasi sumatif. (2) Usaha yang dilakuan guru Qur`an Hadits melalui pola umum kegiatan belajar mengajar, berupa : a. Kegiatan intrakurikuler : Guru mengupayakan melalui beberapa komponen kegiatan belajar mengajar, diantaranya menggunakan metode yang variatif, menggunakan berbagai media dan mengevaluasi siswa dalam berbagai ranah. Pada kegiatan inti proses belajar mengajar yaitu dengan siswa disuruh membaca satu persatu ayat Al Qur`an dengan di simak oleh guru dan siswa yang lain, b. Kegiatan Kokurikuler: Guru memberikan tugas kepada siswa berupa : membaca ayat Al Qur`an, menulis ayat dan terjemahnya, dan mencari hukum bacaan, c. Kegiatan ekstrakurikuler: Guru Qur`an Hadits sebagai pembimbing dalam kegiatan ekstra Keagamaan, mengupayakan melalui kegiatan ekstra tersebut yang pelaksanaannya bermaterikan Iqra`. (3) Hasil usaha guru Qur`an Hadits dalam meningkatkan kemampuan penerapan ilmu tajwid siswa cukup berhasil. date: 2010-02-19 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-19 15:02:19 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--malwannim0-3583-1-m.alwan-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/72/digilib-uinsuka--malwannim0-3583-1-m.alwan-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4001 ; nama file lama : M. ALWAN 03410154 USAHA GURU QUR`AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENERAPAN ILMU TAJWID SISWA KELAS VII MTsN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 918333 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: M. ALWAN - NIM. 03410154, (2010) USAHA GURU QUR`AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENERAPAN ILMU TAJWID SISWA KELAS VII MTsN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3812/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3812/2/BAB%20II%2CIII.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3812/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3812/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3812/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3812/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3812/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3812/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3812/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3812/10/small.jpg