@phdthesis{digilib3813, month = {February}, title = {PENDIDIKAN DIFABEL DI IKATAN TUNANETRA MUSLIM INDONESIA (ITMI) KOTA YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { MARFU'AH HANAWI - NIM. 05410029 }, year = {2010}, note = {Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag.,}, keywords = {pendidikan difabel, Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kota Yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3813/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi tugas-tugas kekhalifahan dalam Surat Al-Baqarah ayat 30 di Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kota Yogyakarta, upaya pengembangan potensi khalifah pelajar difabel di Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kota Yogyakarta, beserta factor pendukung dan penghambatnya. Populasi penelitian ini adalah ketua ITMI, sekretaris ITMI, Devisi Kesejahteraan Sosial ITMI, Devisi Humas ITMI, dan anggota ITMI. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan:1). Bentuk Pendidikan Difabel di Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kota Yogyakarta: Pendidikan difabel di ITMI diwujudkan dalam bentuk berbagai kegiatan yang mampu mengembangkan potensi kemanusiaan. Pendidikan sebagai upaya untuk mengembangkan potensi kemanusiaan difabel di ITMI mencakup tiga hal, yaitu pengembangan potensi jasad, akal dan hati. Pengembangan potensi jasad dilakukan melalui kegiatan out bound, penyelenggaraan lomba sebagai ajang kompetisi difabel, dan pemeliharaan kebersihan lingkungan. Pengembangan potensi akal dieujudkan melalui pelatihan baca tulis Al-Qur'an, pengajian rutin, optimalisasi fungsi teknologi bagi difabel, penyelenggaraan pelatihan dasar kepemimpinan. Pengembangan potensi hati diupayakan melalui sholat berjama'ah di asrama Yaketunis Yogyakart, program bakti sosial, program wisata religi, dan hubungan baik terhadap sesama anggota ITMI. 2). Faktor Pendukung dan Penghambat Pendidikan difabel: Faktor pendukung pengembangan potensi khalifah pelajar difabel adalah tekad dan semangat pelajar difabel, peran relawan, dan canggihnya teknologi yang mempermudah aktivitas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya minat pelajar difabel dalam mengikuti kegiatan ITMI. } }