eprintid: 3814 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/38/14 datestamp: 2012-08-30 15:45:26 lastmod: 2017-04-05 01:27:12 status_changed: 2012-05-04 16:45:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MASITOH - NIM. 04420948-02, title: KONSTRUKTIVISME DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS SD ISLAMIYAH WARUNGBOTO YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: pengajaran bahasa Arab, teori Konstruktivisme note: Pembimbing: Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag abstract: Penelitian tentang pengajaran bahasa Arab di SD Islamiyah Warungboto dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pentingnya penguasaan bahasa Arab oleh kaum muslimin. Kemampuan dalam penguasaan berbahasa Arab di Indonesia seharusnya dilakukan sejak kecil dalam rangka mendapatkan hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas bagaimana proses pengajaran bahasa Arab di SD Islamiyah Warungboto dilihat dari perspektif teori Konstruktivisme. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung di pembelajaran bahasa Arab umumnya, dan khususnya SD Islamiyah Warungboto sebagai tempat dilakukannya penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah siswa, guru bahasa Arab dan kepala sekolah. Selanjutnya menganalisis data menggunakan analisis deskriptif yakni menyusun, menganalisis dan menginterpretasikan data dan objek yang diteliti secara objektif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini lebih merupakan deskriptif dan interpretasi yang bersifat tentatif dalam konteks waktu/situasi tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pengajaran bahasa Arab di SD Islamiyah Warungboto jika ditinjau dari tujuan pengajaran, penggunaan metode dan materi serta pelaksanaan evaluasi berlangsung cukup baik serta berkembang menuju pembelajaran bahasa Arab yang konstruktif dimana keterlibatan siswa sangat diutamakan. Masih perlu adanya pembenahan dan perbaikan. Perbaikan dan pembenahan yang dimaksud adalah terutama dalam aspek kegiatan belajar mengajar dimana menurut teori konstruktivisme guru sebagai fasilitator dan mitra bagi siswa yang membantu proses belajar siswa agar berjalan baik dan tercipta susasana belajar yang efektif. Siswa adalah subyek pembelajaran yang mengkonstruksi pengetahuan melalui pengalamannya sendiri. date: 2010-02-19 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-19 15:16:45 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--masitoh044-3585-1-masitoh-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/72/digilib-uinsuka--masitoh044-3585-1-masitoh-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=4003 ; nama file lama : MASITOH 04420948-02 KONSTRUKTIVISME DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS SD ISLAMIYAH WARUNGBOTO YOGYAKARTA).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 846859 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: MASITOH - NIM. 04420948-02, (2010) KONSTRUKTIVISME DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS SD ISLAMIYAH WARUNGBOTO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3814/1/BAB%20I%2CIV%20%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3814/2/BAB%20II%2CIII.pdf