%A NIM 15210017 Achmad Zaky Faiz %O Dr. H. M. Kholili, M.Si %T HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES MEDIA SOSIAL DENGAN PERSEPSI TENTANG PUISI “DOA YANG DITUKAR”PADA ANGGOTA KELUARGA MAHASISWA NAHDLATUL ULAMA (KMNU) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %X Pemanfaatan media sosial saat ini telah mengalami perkembangan yang signifikan yaitu begitu mudahnya masyarakat mendapatkan informasi melalui media sosial.Informasi yang didapatkandari media sosialdapat juga memunculkan persepsi dikalangan masyarakat. Informasi tersebut terkait isu-isu penting yang banyak menjadi perbincangan. Seperti halnya informasi tentang puisi “Doa Yang Ditukar” yang terjadi pada tanggal 4 Februari 2019. Puisi “Doa Yang DItukar” yang ditulis Fadli Zon yang dianggap telah menyinggung KH. Maimun Zubair disaat salah membaca doa. Hal tersebut menimbulkan Pro dan kontra di masyarakat, ada yang menganggap puisi tersebut minyinggung KH.Maimun Zubair dan ada pula puisi tersebut hanya gorengan dari lawan politik Fadli Zon, karena mengingat pada tahun 2019 merupakan tahun politik dalam masa-masa kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden. Berdasarkan konteks diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Hubungan Intensitas Mengakses Media Sosial dengan Persepsi Tentang Puisi “Doa Yang Ditukar” pada Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) UIN Sunan KalijagaYogyakarta. Adapun teori yang digunakan dalam penelitianini adalahteori SOR(Stimulus-Organism-Response). Uji validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan SPSS versi 15. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei dimana teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 973orang dimana teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus Slovin, sehingga mendapat sampel berjumlah 115 responden.. Analisis data menggunakan analisis parametric dengan rumus Person Product Moment dengan perhitungan menggunakan bantuan SPSS versi 15.Sedangkan pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert Berdasarkan hasil penghitungan korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan Pearson’s Correlation (Product Moment) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.339 dengan taraf signifikasi 0.000 (< 0.05) sehingga dapat diartikan bahwa terdapat korelasi (hubungan) rendah antara variabel X dengan variabel Y artinya terdapat variabel lain yang juga mempengaruhi pembentukan persepsi anggota.. Penelitian ini menggunakan dk=113 (N-2 atau 115-2) dan tingkat probabilitas atau taraf signifikansi sebesar 0,05 (5%) maka rtabel sebesar 0,1541 dan dari perhitungan diperoleh rhitung sebesar 0,338. Dengan demikian karena rhitung>rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Mengakses Media Sosial, Informasi Puisi Doa Yang Ditukar, Persepsi Anggota, Teori SOR %K Mengakses Media Sosial, Informasi Puisi Doa Yang Ditukar, Persepsi Anggota, Teori SOR %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38140