%0 Thesis %9 Skripsi %A SUKARMAN, NIM 15210045 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2019 %F digilib:38147 %I UIN Sunan Kalijaga %K Persepsi, Pengeroyokan, Media Sosial %P 165 %T PERSEPSI SISWA DI SMK ISLAM TERPADU ALFURQON SANDEN TERHADAP VIDEO PENGEROYOKAN GURU DI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38147/ %X Media sosial merupakan media populer yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Berdasarkan hasil riset We are Social Hootsuite yang diliris pada bulan januari tahun 2019, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta, atau sebesar 56% dari total populasi. Jumlah tersebut naik 20% dari hasil survey sebelumnya. Informasi yang tersebar di media sosial pun sangat cepat dan dengan mudah dilakukan oleh siapa saja. Salah satu yang sempat viral di media sosial adalah tentang video pengeroyokan guru yang terjadi di SMK NU 03 Kaliwungu, Kendal Jawa, dan sempat memunculkan beragam persepsi di kalangan netizen pengguna media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Objek penelitiannya adalah video pengeroyokan guru di media sosial, sedangkan subjek penelitiannya siswa jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di SMK Islam Terpadu Al-furqon Sanden yang mengetahui objek penelitian. Teori yang digunakan yaitu teori persepsi, video, pengeroyokan, dan media sosial. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman meliputi teknik reduksi data, proses penyajian data dan proses menarik xx kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah persepsi siswa di SMK Islam Terpadu Al-furqon Sanden khususnya siswa Jurusan TBSM terhadap video pengeroyokan guru di media sosial, terdapat perbedaan pendapat, ada yang memiliki persepsi setuju sebagai video pengeroyokan, dan ada yang memiliki persepsi tidak setuju sebagai video pengeroyokan, namun hanya sebagai candaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa yaitu faktor eksternal atensi dari gerakan pelaku dalam video, faktor internal atensi dari kognitif siswa, serta faktor ciri kepribadian siswa. Kata Kunci: Persepsi, Pengeroyokan, Media Sosial. %Z Dra. Hj. Anisah Indriati, M. Si.